oleh

Kepala TU yang Tempat Curhat Para Siswa

YENI Naupa SE salah seorang Kepala Tata Usaha (TU) di SMAN 1 Prabumulih, bersyukur tetap mendapatkan kepercayaan sebagai Kepala TU selama 8 tahun lamanya. Dengan memanahmi tugas pokok dan fungsi mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan di sekolah, dirinya merasa bersyukur mendapatkan peluang lebih besar untuk bisa berkoordinasi dengan warga sekolah secara mum.

Ibu dua anak ini menjelaskan, beberapa tugas penting yang harus diaemban diantaranya adalah membina dan mengembangkan karir pegawai TU, memberi penilaian hasil kerja karyawan, menyusun program tata usaha, juga membantu pengelolaan keuangan serta membantu pelaksanaan menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kepengurusan ketatausahaan secara berkala.

“Kepala TU itu menerima tugas langsung dari Kepala Sekolah (Kepsek), juga menjalankan funsgi sebagai pelayanan informasi, pelaksanaan urusan keuangan, koordinasi dan menyusun rencana pelaksanaan urusan tata usaha rumah tangga. selalu bekerja didepan komputer, berhadapan dengan¬† data-data tentang, sekolah, pegawai dan murid, ” jelasnya.

Meski dengan seabrek tupoksi tersebut, dirinya merasa bangga karena dapat berkoordinasi langsung dengan para komite sekolah hingga para siswa. Bahkan dengan kesahajaan dirinya yang sederhana dan mudah bergaul dengan siapa saja ini, bahkan tak jarang menjadi sasaran tempat siswa mencurahkan isi hati (curhat).

“Para siswa yang cantik dan ganteng kadang menjadi obat lelah saat bekerja, bercanda dengan mereka juga menjadi bagian dari pekerjaan yang harus dilakukan karena dapat berefek pada semangat kerja,” jelas istri Sazily ini.

Yang lebih menantang lagi dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala TU. Yeni mengataku selalu belajar tentang cara menghandle orang tua murid dengan tipe dan karakter yang berbeda-beda.

Namun dengan niat bekerja sekalian bisa ibadah juga, dengan membantu murid-murid yang membutuhkan, sperti para siswa¬† yang ingin sekolah namun tersendat dengan masalah ekonomi. “Kita menjembatani para siswa dengan mengajukan bantuan kepada pihak-pihak yang bisa memberikan beasiswa,”tandasnya.(05)

 

Komentar

News Feed