oleh

Kenalkan Aplikasi E-Bos

-Pendidikan-524 views

PRABUMULIH – Setelah memperkenalkan pelaporan dana BOS menggunakan aplikasi online. Kini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Prabumulih mulai memperkenalkan aplikasi Elektronik Bantuan Operasional Sekolah (E-Bos) Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Kegiatan ini sudah dilakukan mulai kemarin (5/9) di aula Disdikbud Prabumulih, yang diikuti oleh para kepala sekolah bendahara BOS dan operator sekolah. Hal ini dilakukan dalam rangka menyongsong tahun 2020 seluruh sekolah penerima dana BOS akan melaporkan pengeluaran dan penggunaan dana BOS secara online melalui aplikasi E Bos.

“Pertemuan ini menindaklanjuti hasil pelatihan yang kita laksanakan beberapa waktu lalu. jika saat latihan itu kita menyampaikan teorinya, hari ini langsung mengajak bendahara untuk praktik sebagai langkah awal menjalankan aplikasi E-Bos RKAS,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, Kusron SPd MSi Melalui Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, Rita Sukanta SKom MM.

Sementara pantauan koran ini, pelaksanaan pengenalan aplikasi E-Bos RKS ini diikuti oleh seluruh sekolah SD dan SMP baik negeri maupun swasta se kota Prabumulih. Karena banyaknya jumlah sekolah penerima Bos sehingga jadwal pertemuan diagendakan selama 5 hari kedepan.

“Jadi kita mengatur pertemuan gugus untuk tingkat SD Sedangkan untuk tingkat SMP dijadwalkan selama 1 hari karena jumlah SMP tidak sebanyak sekolah dasar. karena yang kita undang atau yang perlu memahami ebos LKS ini adalah para guru bendahara dana BOS dan operator sekolah,”tandasnya.

Sementara salah seorang bendahara sekolah saat dikonfirmasi mengenai aplikasi pelaporan dana BOS secara online ini dinilai terlalu ribet karena dalam setiap dana yang dikeluarkan perlu adanya bukti yang harus bisa dipertanggungjawabkan.

“Kalau melihat sekali lewat aplikasi ini sangat hebat Namun kita berharap setelah adanya praktek cara melaporkan dana besar online ini adanya kemudahan-kemudahan yang lebih menguntungkan dibandingkan laporan secara manual, “kata Kepala sekolah SDN 57, Herlina Djali SPd.

Pantauan koran ini pada saat mengikuti sosialisasi penggunaan E-Bos RKAS, para bendahara perwakilan sekolah yang mendapatkan giliran menjadi sasaran sosialisasi langsung membawa laptop masing-masing untuk langsung praktek dalam penggunaan aplikasi pelaporan penggunaan dana bos secara online tersebut.(05)

Komentar

News Feed