oleh

Kembangkan Ekosistem Sekolah Kondusif

//Fokus pada 8 Program Unggulan

PRABUMULIH – Sebagai Sekolah Rujukan, SMA Negeri 2 Prabumulih terus melakukan pengembangan program unggulan sesuai dengan potensi sekolah dan kebutuhan masyarakat. Ini disampaikan Kepala SMA Negeri 2 Prabumulih Hj Eva Yusnita, M.Pd pada Talkshow bersama Pentas Radio 98.7 FM (Prabumulih Pos Group),  Rabu (9/6/2021).

Eva mengatakan, sejauh ini SMA Negeri 2 Prabumulih telah melampui Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagai syarat menjadi Sekolah Rujukan. Dengan begitu kata dia, sekolah tinggal fokus pada pengembangan mutu pendidikan. “Ada 8 standar yang harus dipenuhi. Alhamdulillah SMA Negeri 2 Prabumulih mampu memenuhinya,” terangnya.

Delapan standar dimaksud ialah lanjut Eva, standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikanm standar sarana dan prasaran, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan. “SMA Negeri 2 Prabumulih juga mengembangkan ekosistem sekolah yang kondusif sebagai tempat belajar. Karena kanyamanan belajar inilah yang dapat mempengaruhi aktivitas belajar mengajar,” ungkapnya.

Kemudian, pengembangan lainnya juga mengarah pada pengembangan praktik terbaik dalam peningkatan mutu berkelanjutan, melakukan inovasi dan prestasi baik akademik maupun non-akademik, serta melaksanakan program kebijakan yang layak menjadi rujukan SMA lain.

“Jadi bebegini. Dikatakan sekolah rujukan ini adalah, diharapkan mampu memberi dampak atau contoh yang baik kepada sekolah di sekitarnya. Inilah yang menjadi tanggung jawab SMA Negeri 2 Prabumulih,” terangnya.

Dengan ditetapkannya SMA Negeri 2 Prabumulih sebagai Sekolah Rujukan, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Diknas Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada 2021 ini, maka secara tidak langsung harus terus mempertahankan eksistensinya sebagai sekolah unggul. Dan ini adalah tantangan berat.

Oleh karena itu, dirinya berterima kasih kepada warga sekolah dan semua pihak yang terus mendukung program sekolah. “Ini adalah tugas bersama. Kami kerja bareng, kompak dan gotong royong. Sehingga keberhasilan ini adalah keberhasilan bagi kita semua,” ujarnya.

Ia menyebut, berkaitan dengan program unggulan di SMA Negeri 2 Prabumulih diantaranya Penggiat Hidup 100%, Jurnalis Samnada, Sekolah Siaga Kependudukan, Buletin Wonderful Samnda, Akreditasi Gugus Depan dan Skanda, Minum Bunga Telang, Rohis yang bermanfaat di masyarakat serta minum jahe. “Kita juga memiliki perpustakaan yang representative didukung dengan kehadiran kantin sehat, kondisi ini menambah kenyamanan dalam proses pemelajaran,” pungkasnya. (asa/05)

Komentar

News Feed