oleh

Kemarau, 14 Lahan Terbakar

PRABUMULIH – Musim kemarau ini, setidak sudah ada 14 kasus kejadian kebakaran lahan di Kota Nanas ini. Khususnya, pada Agustus ini. Kebakaran lahan sendiri, informasi dari Bidang Damkar dan Penyelamatan dipicu ulah oknum tidak bertanggung jawab. Hal tersebut ditegaskan Kasat Pol PP, Damkar dan Penyelamatan, Hartono SE MSi melalui Kabid Damkar dan Penyelamatan, Sriyono SH diruang kerjanya.

“Kejadian kebakaran sebanyak 14 kasus, semuanya terjadi di Agustus ini. Begitu mengetahui kejadian, anggota langsung ke lokasi dan melakukan pemadaman,” jelas Yono sapaan akrabnya, Kamis (22/8). Sambungnya, selain kasus kebakaran lahan. Akunya, Agustus ini, tercatat 18 kasus kebakaran. 3 kasus lainnya, meliputi kebakaran rumah. Lalu, gas bocor, evakuasi sapi, dan sarang tawon.

“Kalau dari Januari hingga Agustus, setidaknya 38 kasus kebakaran telah ditangani kita. Selain, kasus kebakaran rumah mendominasi. Sekarang ini, semenjak kemarau kebakaran lahan mendominasi,” terangnya.

Selama musim kemarau, ia mengimbau, agar warga tidak membakar lahan dengan sengaja dan bisa terjerat hukum. Selain itu, jangan membuang potong rokok sembarangan. Karena, bisa memicu kebakaran. “Setidaknya, ada 44 petugas kita siagakan bersama 3 unit blankwir untuk menangangi kasus kebakaran di Bumi Seinggok Sepemunyian,” ujarnya.

Sambungnya, petugas dibagi 4 shift setiap harinya. Diakuinya, seorang petugas pemadaman tidak hanya memiliki kemampuan pemadam kebakaran. Tetapi juga evakuasi, hewan liar dan lain. “Karena, sudah dua bulan kemarau alias tidak hujan, memang rawan kebakaran. Makanya, harus ektra hati-hati dan waspada,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed