oleh

Keluarkan 234 Surat Mutasi

-Pendidikan-111 views

PRABUMULIH – Kasi Pembinaan Karakter dan Peserta Didik Bidang Pembinaan SD dan Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih keluarkan sebanyak 234 surat mutasi pindah siswa. Jumlah tersebut adalah jumlah secara keseluruhan siswa mutasi tahun ajaran 2019-2020, baik keluar maupun masuk ke dalam kota Prabumulih.

Minggu ke-3 masuk tahun ajaran baru masih ada beberapa surat keterangan mutasi antar sekolah yang ada di dalam kota Prabumulih, namun jumlah tersebut sudah alami pengurangan dari waktu pertama kali masuk tahun ajaran baru.

Seperti biasa berbagai alasan mulai dari perpindahan orang tua hingga alasan baru datang ke kota Prabumulih menjadi penyebab mutasi siswa baik keluar maupun masuk di lingkungan sekolah yang ada dalam kota Prabumulih.

“Hingga saat ini total secara keseluruhan ada sebanyak 234 siswa mutasi. Dari jumlah tersebut sebanyak 180 orang adalah mutasi dari luar yang datang ke kota Prabumulih selebihnya adalah mutasi antar kecamatan atau antar sekolah yang ada di dalam kota,” kata Kepala Bidang pembinaan SD Riduan SPd MSi melalui Kasi Pendidikan karakter dan peserta didik, Susminarti SPd.

Ibu dua anak ini mengatakan berbagai hal perlu dipertimbangkan untuk melakukan mutasi siswa, diantaranya adalah pihak sekolah yang akan dituju oleh siswa juga harus diketahui apakah kuotanya masih ada kekosongan atau sudah terpenuhi.

Karena jumlah siswa akan mempengaruhi data pokok pendidikan (dapodik), untuk terus masuk dalam dapodik maka harus diketahui apakah sekolah yang dituju bisa menerima atau tidak. “Alhamdulillah sejauh ini sekolah yang dituju oleh siswa yang melakukan mutasi semuanya bisa menerima,itu artinya masih ada kuota yang belum terpenuhi yang harus diisi oleh siswa pendatang atau baru mutasi,”tandasnya.

Salah seorang orang tua siswa yang mengurus surat keterangan mutasi ke Dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Prabumulih, mengaku bahwa dirinya harus pindah alamat karena sudah membeli rumah dari lokasi sekolah. “Kita juga perlu mempertimbangkan lokasi sekolah anak jika memang bisa dipindahkan dekat rumah angka baiknya karena itu minta informasi ke sini untuk mencari solusi,”jelas wanita yang tinggal di Kelurahan Sukaraja Prabumulih Selatan ini.(05)

Komentar

News Feed