oleh

Kelola ZIS Untuk Bantuan Usaha

-Metropolis-276 views

PRABUMULIH – Program bangun rumah, tak lama lagi akan tuntas. Akan tetapi, penarikan dana Zakat Infak Sodakoh (ZIS) yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan terus bergulir.

Wakil Wali Kota (Wawako) H Andriansyah Fikri SH mengungkapkan, dana zis nantinya akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin.

Dana itu nantinya akan disalurkan dalam bentuk bantuan modal usaha namun bukan dalam bentuk uang melainkan bantuan peralatan.

“Kalau bantuan modal, baik pemkot ataupun Baznas punya pengalaman pahit. Banyak yang pinjam tetapi tidak mengembalikan. Nantinya, bantuan modal lebih ke bantuan peralatan untuk modal usaha,” ungkap Fikri sapaan akrabnya kepada koran ini, kemarin (13/2).

Ungkap Ketua DPC PDIP Prabumulih ini menyebutkan, kalau adanya usaha. Warga miskin, ke depannya tidak akan lagi bergantung terus menerus dengan bantuan yang digulirkan Pemerintah kota (Pemkot).

“Sehingga, dana ZIS PNS tersebut tetap memberikan manfaat kepada warga miskin,” ucapnya.

Terpisah, Wali Kota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, bukan hanya masalah ekonomi saja. Tetapi, pihaknya juga akan memperbaiki rumah-rumah warga miskin yang menumpang di lahan milik pemerintah.

“Kalau dibangun permanen jelas menyalahi aturan, makanya kita perbaiki saja. Sehingga, warga miskin yang tinggal di sepanjang rel kereta api punya rumah yang layak,” ujarnya sambil menyebutkan, kalau program bangun rumah tidak layak tahun ini bisa tuntas 2-3 tahun ini.

Jelas Ridho, program dana ZIS PNS diupayakan dikelola untuk memberikan manfaat dan membantu warga yang kurang beruntung tersebut. “Bukan hanya memiliki rumah yang layak huni, tetapi juga usaha untuk mandiri,” pungkasnya. (06)

News Feed