oleh

Kecamatan Keluarkan Ratusan Suket

-Metropolis-253 views

PRABUJAYA –  Tak hanya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) yang mengeluarkan Surat Keterangan (suket) Kependudukan sementara. Pihak Kecamatan pun mengeluarkan suket bagi warga yang sudah melakukan perekaman.

Camat Kecamatan Prabumulih Timur A Fauzan Akmal SSTP didampingi Kasi Pemerintahan Neliasni SH menyampaikan, suket tersebut dikeluarkan setelah yang bersangkutan melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El). “Hanya bagi yang sudah melakukan perekaman, yang belum tidak bisa,” tegasnya.

Berbeda dengan Suket yang telah dikeluarkan oleh Dukcapil, yang memiliki masa berlaku lumayan panjang. Suket yang dikeluarkan oleh Kecamatan hanya memiliki masa berlaku hingga 21 hari. “21 hari sejak tanggal dikeluarkan, selebihnya yang bersangkutan langsung ke Dukcapil,” tambah Neliasni.

Neli-begitu-disapa- menuturkan suket yang dikeluarkan oleh pihaknya hanya diperuntukkan bagi warga yang memiliki kepentingan mendesak. Seperti melakukan kepengurusan untuk keperluan BPJS atau untuk kepentingan pengobatan.

“Kalau yang tidak begitu penting, tidak kita keluarkan. Rata-rata yang untuk warga yang akan berobat, terus mengurus BPJS atau kepentingan genting lainnya,” tuturnya.

Wanita berkerudung itu melanjutkan, dikeluarkannya suket dari kecamatan tersebut mengingat banyak masyarakat yang memerlukan atau membutuhkan KTP secara mendesak. Sementara untuk menunggu proses data masuk ke server masih memerlukan waktu yang cukup lama.

“Ini solusi karena masyarakat yang benar-benar membutuhkan untuk kepentingan mendesak tadi. Sementara untuk mencetak di Dukcapil belum bisa dilakukan, dan harus menunggu data perekaman masuk dulu,” jelasnya.

Namun jelas Neli, khusus bagi warga yang tak memiliki kepentingan mendesak tetap diminta untuk melanjutkan proses pencetakan suket di Dukcapil. “Sebelum ada blanko, jika data sudah masuk server cetaknya suket dari dukcapil,” cetusnya.

Lebih jauh, ibu tiga anak itu membeberkan, dari total 4.638 warga yang melakukan perekaman KTP EL di Kecamatan Prabumulih Timur hingga penghujung tahun 2016. Setidaknya 622 lembar suket dikeluarkan oleh Kecamatan. “Jumlah itu untuk warga yang ada di 8 kelurahan,” tukasnya. (05)

News Feed