oleh

Kaum Marginal Dibekali Pengelolaan Jamur Tiram

SINAR RAMBAMG – Sebanyak 100 orang kaum perempuan marjinal yang berasal dari Desa Sinar Rembang dibekali untuk pelatihan budidaya jamur tiram hingga pengelolaan jamur tiram.

Pemberian keterampilan untuk kaum marginal ini di lakukan melalui program gerakan pendidikan dan pemberdayaan perempuan kaum marjinal kerjasama Dinas Pendidikan dan TP PKK Kota Prabumulih.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Dra Huzaifah MSi mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, Terutama untuk kaum perempuan yang ada di Desa Sinar Rambang. Karena tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam rangka meningkatkan keterampilan kaum perempuan.

“Jika sudah dibekali dengan keterampilan budidaya dan pengelolaan jamur tiram, maka perempuan marjinal di Desa ini dapat meluangkan waktu setelah pulang dari kebun untuk merawat jamur tiram hingga pengolahan dan pemasaran. karena kita memberikan bekal ketrampilan ini agar dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga 100 orang perempuan di Desa Sinar Rambang ini,”
katanya.

Sebelumnya, ketua TP PKK, Hj Suryanti Ngesti Rahayu menyampaikan hal sama. Pelatihan pengelolaan jamur tiram, menuruti tergantung dari niat dari para peserta pelatihan apakah mau berhasil atau tidak. Mau bisa atau sekedar ikut ikutan.

Hasil pelatihan ini tidak tergantung dari penyelenggara, atau saya Apalagi Kades dan Camat, melainkan dari peserta itu sendiri yang harus serius dan semangat serta memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan keluarga,”jelasnya.

Dengan adanya semangat dan tekat yang kuat untuk berpartisipasi mensejahterakan keluarga, sehingga para perempuan tidak hanya mengandalkan hasil dari kebun. Selain itu ia berharap nantinya bisa mendapatkan kerjasama pada pihak lain untuk menampung pemasarannya. “Harapan kita agar hasil olahan ini bisa berdaya saing dan dapat diterima dimasyarakat,”harapnya.

Selain itu ia mengatakan, bantuan ini juga diharapkan bisa berkelanjutan, sehingga dana yang sudah digulingkan benar benar dapat bermanfaat untuk masyarakat Desa Sinar Rambang. “Keterampilan tidak cukup hanya dilihat namun harus segera dipraktikkan, setelah pelatihan mumpung lagi semangat, langsung praktikan,”bebernya

Diketahui dalam pelaksanaan kegiatan yang dilangsungkan di Balai desa sinar Rambang dihadiri langsung oleh Camat Rambang Kapak Tengah serta Ibu, Kades Sinar rambang, Indarqo, Penyuluh pertanian lapangan (PPL) Desa Sinar Rambang Repi Elpnsyah AMd serta par pelatih keterampilan pembibitan hingga pengelolaan hasil panen jamur tiram.

Usai pembukaan yang dilakukan oleh ketua tim penggerak PKK, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada kelompok masyarakat yang akan dibina.(05)

Komentar

News Feed