oleh

Karhutla Nyaris Bakar Pemukiman Warga

-Ringkus-72 views

PRABUMULIH – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) makin dekat dengan pemukiman warga dan nyaris membakarnya, jika tidak petugas pemadam kebakaran (Damkar) tidak cepat datang.

Seperti terjadi, senin (23/9) di Pemukiman Warga di Jalan Dempo Dalam, Kelurahan Muara Dua, Kecamatan Prabumulih Timur.

Diduga akibat ulah, oknum warga tidak bertanggung jawab sengaja membakar membuka lahan, bagi kebun kecilnya.

Membuat warga sekitar resah dan khawatir, takut rumahnya terbakar. Salah satu warga, Ali (66) mengatakan, begitu tahu ada kebakaran lahan di rumahnya langsung menghubungi Damkar.

“Untungnya, petugas Damkar cepat datang dan langsung. Perlahan-lahan karhutla, dipadamkam sehingga tidak sampai mendekati pemukiman warga,” jelasnya.

Lanjutnya, karhutla tak jauh dari rumahnya itu jelas membuat cemas dan khawatir warga sekitar langsung mendekati lokasi.

“Apalagi, karhutla di lahan milik warga tersebut jaraknya tidak terlalu jauh sekitar 100 meter,” terangnya.

Sementara itu, Plt Kasat Pol PP Damkar Penyelamatan, Hartono SE MSi melalui Kabid Damkar dan Penyelamatan, Sriyono SH didampingi Korlap, R Tauhid SE menerangkan, kalau mendapatkan laporan karhutla sekitar 08.40 WIB.

“Begitu dapat laporan, petugas Damkar langsung ke lokasi kejadian memadamkan api. Informasi dari warga, penyebabnya diduga ada warga sengaja membakar membuka lahan,” bebernya.

Akunya, setidaknya dua mobil Damkar dikerahkan memadamkan api di lokasi tersebut. “Sekitar satu jam, api bisa dikuasai dan dipadamkan,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed