oleh

Kampung Tangkal Covid Panen Sayur

-Ringkus-13 views

PRABUMULIH – Produktif di masa pandemi Covid-19 sangat diperlukan. Inilah yang dilakukan masyarakat Desa Pangkul, Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih. Warga yang umumnya berprofesi petani ini memanfaatkan lahan pekarangan untuk menambah penghasilan keluarga mereka.

Nah, awal pekan lalu Kapolres Prabumulih AKBP Siswandi SIk SH MH didampingi Kasat Binmas AKP Sri Djumiati SH dan Kapolsek Cambai, Iptu Bratanata SE mengunjungi desa yang dinobatkan sebagai Kampung Tangkal Covid-19.

“Masa pandemi covid-19 jangan membuat kia berdiam diri. Banyak hal yang bisa diperbuat sesuai dengan profesi, seperti masyarakat Pangkul yang memaksimalkan lahan pekarangan tetap produktif,” ujar Kapolres belum lama lama ini. Dimana kelurahan Cambai Desa Pangkul menjadi contoh dalam rangka ketahanan pangan masyarakat terkait antisipasi dampak pandemi covid.

Polres Prabunulih terus melakukan berbagai upaya, salah satunya adalah tetap menjaga ketahanan pangan dengan memberikan semangat kepada petani melon dan cabai ada di Kampung Tangkal Covid-19, upaya ini dilakukan guna mendukung program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan di masa pandemi.

Kapolres Prabumulih bersama jajaran mengunjungi kebun melon, kebun cabai dan kebun tomat milik warga di Kelurahan Sindur, dan Desa pangkul, Kecamatan Cambai.

Kegiatan kunjungan ini disambut baik warga pemilik lahan pertanian yaitu kebun melon cabai dan kebun tomat, ucapan terima kasih terus dilontarkan para petani kepada Polres dan jajarannya karena telah bersedia meluangkan waktu untuk berkunjung ke kebun melon milik mereka.

Kapolres menjelaskan, bentuk pemberian semangat secara langsung ini merupakan salah satu bentuk dukungan serta bentuk kepedulian ketahan pangan yang dilakukan oleh pihak kepolisian kepada petani,

“Pihak kepolisian berperan penting dalam membantu program pemerintah dalam hal mensejahterakan masyarakat melalui hasil panen berlimpah, salah satu upaya yang dapat kami lakukan kami terus mendorong serta memberikan semangat kepada seluruh petani di Prabumulih,” ujarnya.

Ia mengatakan, Polres Prabumulih juga memberikan, imbauan serta harapannya kepada semua masyarakat berprofesi sebagai petani agar dapat memanfaatkan lahan-lahan kosong seperti yang ada di sekitar rumah masing-masing warga, lahan-lahan kosong dapat ditanami tanaman seperti melon, cabai dan tomat nantinya hasil panennya dapat membantu meningkatkan perekonomian. “Manfaatkan lahan kosong, jangan sampai mubasir. Bisa dijadikan lahan pertanian, hingga bisa menghasilkan guna menjaga ketahanan pangan di pandemi ini,” pungkasnya.

Sementara warga setempat mengaku berterima kasih atas dukungan Pemkot Prabumulih dan Polres Prabumulih kapada warga Desa Pangkul. Dimana harga buah yang diprediksi meningkat di masa pandemi ini memberi rezeki tersendiri bagi warga. Begitu juga dalam hal sayuran. “Kita banyak menjual buah dan sayur saat pandemi. Dan ini memberi nilai ekonomis tersendiri bagi warga,” katanya. (03/asa/rel)

 

Komentar

News Feed