oleh

Kabut Asap Kian Pekat

-Metropolis-91 views

Dinkes Bakal Bagikan Masker

PRABUMULIH – Kabut asap tebal kembali menyelimuti Kota Prabumulih sejak Minggu malam. Bahkan hingga Senin (14/10) kabut asap makin pekat.

Nah, akibat kabut asap tersebut masyarakat kota Prabumulih mulai dilanda sesak nafas dan mata yang perih. “Asap sampai masuk rumah, nafas anak-anak mulai sesak. Mato mulai pedih. Jangankan anak-anak kami wong tuo sudah merasakan,” kata Ivo salah satu warga Kelurahan Wonosari.

Yuni warga lainnya berharap, agar kabut asap pekat yang menyelimuti kota Prabumulih tak kian parah. “Memang dak separah di Palembang, tapi kondisi ini sudah membuat kami wong tuo cemas. Apolagi kalau sore, jelas nian kabut asapnyo,” terangnya.

Ia berharap agar kabut asap tersebut bisa diatasi dengan turunnya hujan. “Mudah-mudahan hujan cepat turun, supaya asap dak parah. Ini mano pulo ado kebakaran lahan di Prabumulih jadi tambah parah bae asap,”keluhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan dr H Happy Tedjo S MPh melalui Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Juadi SKM MKes mengutarakn berdasarkan laporan dari BNPB per 13 Oktober kualitas udara kota Prabumulih masih normal. “Kondisi asap kita ini sebetulnya kiriman karena kita bukan daerah endemis. Dan sejauh ini laporan dari damkar yang terbakar lahan perumahan, kaplingan yang agak besar kebakaran itu di Gunung Kemala,” jelasnya.

Nah, disinggung akibat kabut asap sejak beberapa hari ini apakah berdampak pada jumlah pasien penyakit Ispa. Menurut Juadi, sejauh ini penderita Ispa masih belum menunjukkan peningkatan. “Penyakit Ispa masih stabil,” ucapnya.

Meski demikian, Juadi menuturkan dinkes tetap menyiagakan petugas dan menyiapkan obat-obatan untuk penyakit akibat kemarau atau kabut asap dimasing-masing pelayanan kesehatan. “Puskesmas siap untuk obat Ispa. Dan kami tetap menghimbau kepada masyarakat, agar keluar menggunakan masker dan bila perlu tak keluar rumah bila tidak penting karena bisa menyebabkan iritasi mata,” imbaunya.

Lebih jauh ia menyampaikan, bila dalam waktu dekat Dinkes akan kembali membagikan ribuan masker untuk masyarakat. “Ada 6 ribu lembar masker bantuand dari Kemenkes. Kalau sudah diterima akan kami bagikan,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed