oleh

Janji Stop Angkutan Batu Bara

PRABUMULIH – Kerusakan Jalan Lingkar Timur (Jalingtim) akibat angkutan batu bara menjadi salah satu isu yang dibawa Herman Deru (HD) dalam kampanyenya di Bumi Seinggok Sepemunyian. Dan jika nantinya terpilih sebagai Gubernur Sumsel, Deru-begitu ia disapa, berjanji untuk menyetop angkutan batu bara.
“Jalan Lingkar (Prabumulih, red) sudah remuk jadi kerupuk, akibat angkutan batu bara. Jika saya terpilih dan diberi amanat oleh warga Sumsel, akan saya cabut dispensasi angkutan batu bara lewat jalan tersebut. Ini janji perubahan HD-MY (Herman Deru dan Mawardi Yahya untuk Sumsel Maju,” ungkapnya kepada koran ini, usai meresmikan Masjid Ashabul Jannah di jalan Bima Kelurahan Muara Dua, Kecamatan Prabumulih Timur, Jumat lalu (16/3).
Lanjut Mantan Bupati OKU Timur dua priode ini menegaskan, dirinya tidak ada kepentingan dan tidak punya beban menstop angkutan batu bara melintasi jalan umum.
“Setelah dicabut, tinggal lagi ditindaklanjuti oleh petugas Dinas Perhubungan (Dishub) dan pihak kepolisian,” ucapnya.
Selain itu, kata dia, tugas Gubernur Sumsel adalah sebagai kordinator pembangunan di setiap kabupaten/kota. Bukan, hanya terfokus di satu kabupaten/kota seperti yang selama ini terjadi.
“Kita akui masalah pembangunan yang di setiap kabupaten/kota berbeda-beda, tetapi pembangunan harus dilaksanakan secara merata. Termasuk, pembangunan jalan provinsi di seluruh kabupaten/kota,” tandasnya.

Begitu pun soal narkoba, masih menjadi masalah di Provinsi Sumsel ini. Kata dia, mengatasinya memang harus melibatkan semua pihak. Termasuk, peranan para ibu. Karena, ibu merupakan garda terdepan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba.

“Apalagi, ibu merupakan madrasah bagi anak. Hampir 70 persen hidupnya, anak bersama ibu. Ini solusi mumpuni, untuk mengatasi masalah narkoba,” bebernya.

Soal karet, HD menjanjikan akan membangun pabrik ban terbesar di Indonesia. Untuk meningkatkan harga karet, supaya tidak bergantung dengan luar negeri.

“Harga karet (getah, red) murah, bukan disebabkan kualitas karet rendah. Itu merendahkan petani. Harusnya, Pemerintah jangan menyalahkan petani. Tetapi, mencari solusi supaya harga karet naik. Salah satunya mendirikan pabrik ban terbesar. Sehingga, harga karet lebih stabil,” ucapnya.

HD, begitu sapaan akrabnya meminta dukungan dan doa semua warga Kota Nanas ini. Sehingga, bisa terpilih menjadi Gubernur Sumsel bersama MY, sebagai Wakil Gubernur. “Pada 2013 di Prabumulih, saya meraih 68 persen suara. Dan, sekarang ini (Pilgub) bisa diatas tersebut. Tentunya, perlu dukungan semua warga,” bebernya.

Apalagi, menurutnya Prabumulih. Lalu, OKU Timur, OKU Induk, OKU Selatan, Ogan Ilir (OI) dan lainnya. Adalah, lumbung suara HD-MY. “Mohon doa dan dukungannya, tidak lupa memilih HD-MY, nomor urut 1 pada Pilgub 27 Juni mendatang,” tambahnya.

Tidak hanya sempat melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid. Tetapi, HD bersama dengan tim suksesnya, juga mampir ke Pasar Inpres blusukan menemui pedagang. Ketika blusukan, HD sempat bertanya hargan dan asal sembako.

Terakhir, HD juga mengunjungi Kelurahan Karang Jaya, Kecamatan Prabumulih Timur. Untuk bertatap muka dan mengenalkan visi misi program pembangunannya jika terpilih sebagai orang nomor satu di Sumsel.

Sementara itu, H Hendiri Zainuddin SAg, Ketua DPD Partai Hanura Sumsel menyatakan, kalau HD, sosok yang tepat untuk memimpin Sumsel. Kata dia, HD dikenal sosok yang smart (pintar) dan punya pengalaman sebagai Bupati OKU Timur dua periode.

“Selama kepemimpinannya di OKU Timur selama 10 tahun, pembangunannya maju pesat,” jelasnya.

Bukan itu saja, ungkapnya HD juga ahlinya membangun jalan dan pertanian. Tetapi, juga pemimpin yang peduli olahraga.

“Supaya, HD-MY bisa memimpin Sumsel. Makanya, jangan lupa nyoblos nomor urut 1 pada 27 Juni mendatang,” ajaknya ketika menyampaikan orasi kampanyenya di Kelurahan Karang Jaya, Kecamatan Prabumulih Timur.

Ketua DPC Hanura Prabumulih, Kamirul SE mengatakan, pihaknya mengapresiasi HD. Karena, telah menyempatkan diri untuk meresmikan peletakan batu pertama pembangunan masjid yang tidak jauh dari rumahnya.

“Semoga, nantinya masjid ini bisa cepat berdiri. Dan, bisa segera digunakan dan dimanfaatkan masyarakat. Kita juga mohon bantuan masyarakat, untuk membantu pembiayaan pembangunan masjid tersebut,” ucapnya.

Tentunya, kata dia melalui zakat yang diinfakan lewat panitia pembangunan masjid. Bukan hanya, zakat atau bantuan berupa uang. Tetapi, juga material bangunan.

“Peletakan batu pertama ini, tanda dimulainya pembangunan Masjid Ashabul Jannah,” pungkasnya. (03)

News Feed