oleh

Jangkau Sudut Kota

PRABUMULIH – Jajaran Polres Prabumulih melalui Satuan Sabhara mengembangkan pola patrol. Tak melulu menggunakan kendaraan, kini petugas mengujicoba patrol dengan menggunakan sepeda.

Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kasat Sabhara AKP Toni Arman SH mengatakan, metode patroli dengan sepeda ini diharapkan efektif karena mampu menjangkau setiap sudut jalan dan membuat petugas lebih fleksibel.

“Metode-metode patroli itu diantaranya bisa dengan patroli jalan kaki, patroli menggunakan kendaraan bermotor dan patroli bersepeda. Sisi positif dari patroli bersepeda ini dibanding dengan metode lainnya di antaranya patroli ini mampu menjangkau setiap sudut jalanan, fleksibel bila akan masuk gang, dan familier dengan masyarakat. Serta petugas patroli dapat berhenti dimana saja dan kapan saja sambil melakukan dialog dengan masyarakat yang dijumpainya untuk menyerap segala informasi secara langsung,” bebernya.

Meski begitu tak dapat dipungkiri bahwa patrol dengan sepeda juga memiliki keterbatasan salah satunya keterbatasan jarak. “Patroli bersepeda ini efektif untuk jarak pendek saja. Namun metode ini lebih bisa menjangkau semua lingkungan masyarakat, dan anggota lebih sehat juga karena sekalian olahraga,” menurutnya.

Masih dikatakannya, untuk sekarang pihaknya melakukan patroli bersepeda menggunakan lebih kurang 15 sepeda baik di Polres ataupun di Polsek-Polsek, dengan jadwal setiap harinya anggota akan bertugas patroli secara bergantian.
“Tiap harinya dijadwalkan 4 orang petugas untuk melaksanakan patroli bersepeda secara bergantian. Dan tentu petugaspun dilengkapi dengan sarana keamanan yang layaknya olahraga bersepeda. Seperti dilengkapi helm sepeda, pelindung lutut dan siku, serta air minum kemasan yang membuat petugas aman dan nyaman dalam berpatroli,” pungkasnya. (Dewi)

News Feed