oleh

Jangan Tumpang Tindih

PRABUMULIH – Pengerjaan Dana Kelurahan senilai Rp 352 juta ditahap 1 yang sudah dikucurkan ke rekening kelurahan diharapkan tak tumpang tindih. Untuk mengantisipasi itu, Ketua DPRD H Ahmad Palo SE meminta agar adanya koordinasi antara pihak kelurahan dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Perkim. “Yang mau dikerjakan sudah masuk APBD atau belum, itu harus dipastikan sehingga tidak tumpang tindih. Jangan sampai harusnya dikerjakan APBD, malah mereka (kelurahan) yang kerjakan,” kata Ketua DPRD Ahmad Palo.

Dikucurkannya dana kelurahan oleh pemerintah pusat kata politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, tak lain untuk mempercepat pembangunan ditingkat terbawah. “Yang artinya itu bukan untuk operasional kelurahan, karena operasional keluarahan sudah ada. Dan dana kelurahan untuk pembangunan yang ada dikelurahan, yang tak harus menunggu ABT,” ujarnya.

Lebih lanjut suami Hj Rusni SH ini, mengingatkan selain dikelola dengan tranparan. Pengerjaan dana kelurahan haruslah memprioritaskan pembangunan di kelurahan. “Yang memang diperlukan dimasyarakat, yang prioritas salah satunya infrastruktur seperti drainase,” ucapnya.

Menurutnya, selagi pembangunan tidak tumpang tindih dan tak terjadi duplikasi anggaran, pembangunan bisa saja dilakukan. Misalkan terdapat pembangunan sebelumnya yang sudah dikerjakan, namun kemudian rusak. “Sepanjang sudah lewat masa perawatan, ya silahkan saja. Kalau jalan itu menjadi prioritas untuk diperbaiki perlewatan masyarakat setiap hari. Artinya BPK sudah mengaudit itu,” tuturnya yang juga mengatakan dalam pengerjaannya tetap harus melihat aturan.

Seperti diketahui, dana kelurahan untuk 25 Kelurahan di Kota Prabumulih untuk tahun 2019, mencapai Rp 8,8 Miliar. Nah, dana yang ditransfer oleh pusat ke rekening daerah, yang selanjutnya diteruskan ke rekening kelurahan itu dikerjakan dalam dua tahap.
Dan saat ini penyerahan dana kelurahan dilakukan secara simbolis, oleh pemerintah kota ke masing-masing kelurahan yang disaksikan oleh masyarakat. (08)

Komentar

News Feed