oleh

Jangan Ngebut, Jaga Keselamatan Penumpang

-Metropolis-151 views

PRABUMULIH – Sopir angkutan lebaran, khususnya trayek Prabumulih ke Palembang dan sebaliknya diingatkan untuk tidak ngebut dan menjaga keselamatan penumpang dalam perjalanannya.

Hal itu ditegaskan, Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM usai pemasangan stiker angkutan lebaran laik atau layak jalan kepada sejumlah awak media, Rabu, 22 Mei 2019.

“Jangan ugal-ugalan bawa mobil, utamakan keselamatan penumpang. Ongkosnya, jangan naikan dan mobil angkutan mudik harus layak jalan. Agar tidak membahayakan penumpang,” jelas Ridho, sapaan akrabnya.

Orang nomor satu di Kota Nanas ini menerangkan, masyarakat harus cermat memilih angkutan lebaran agar tidak menjadi korban, kelalaian dan ugalan para sopir.

“Pilih angkutan lebaran yang sudah kita pasangi stiker, karena sudah laik dan layak jalan. Kalau memilih yang lain, kalau ada apa-apa. Artinya, menjadi resiko sendiri. Bergantung dengan masyarakat sendiri, memilih untuk menaiki angkutan yang mana,” aku suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Drs Mulyadi Musa MSi dikonfirmasi menambahkan, sebanyak 77 angkutan lebaran menjadi sasaran uji laik dan layak jalan.

“AKAP 20 unit, AKDP 49 unit, Damri 4 unit, dan Bus Perintis 4 unit,” jelas Mantan Kabag Humas ini.

Lanjutnya, uji laik dan layak jalan ini dilakukan untuk memastikan angkutan lebaran layak beroperasi. Ungkapnya, ini dilakukan untuk kenyamanan dan keamanan penumpang.

“Kalau sudah laik dan layak, kita pasangi stiker,” bebernya.

Senada juga, diungkapkan Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIk MH, mengimbau, agar para sopir patuh dan taat aturan lalu lintas. Agar aman salam mengantarkan penumpang sampai tujuan.

“Keselamatan penumpang paling utama, berkendara jangan lebih dari 60 KM per jam. Jangan Ngebut, jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas,” pungkasnya.

Imbauan tersebut, dilakukan sebagai antisipasi meminimalisir kecelakaan di jalan atau hal-hal tidak diinginkan. “Jangan sampai jadi korban kecelakaan, makanya kita imbau berhati-hati berkendara,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed