oleh

Jangan Menyalahgunakan Dana Desa, Bupati OKUT: Jika ada, Silahkan Polisi dan Kejaksaan Langsung Periksa Kepala Desa

MARTAPURA – Bupati OKU Timur HM Kholid MD hadiri Louncing penyerahan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang di ikuti oleh 305 Desa di 20 kecamatan.

Diharapkan dana desa ini dapat meningkatkan dan mengerakan perekonomian masyarakat. Adapun Dana Desa yang di salurkan untuk 305 desa di 20 kecamatan sebanyak Rp245 miliar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa H Rusman SE mengatakan, Dana Desa yang bersumber dari APBN ini akan sudah disalurkan ke desa, kemudian besar kecilnya dana desa tergantung pada jumlah penduduk, letak geografis desa.

“Pembagian dana desa bervariasi, sesuai dengan jumlah penduduk dan letak geografis dan pengunaanya harus sesuai dengan peruntukannya,” katanya.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD dalam sambutanya mengatakan, dengan adanya dana desa ini Pemerintah pusat berharap adanya percepatan pembangunan ekonomi dan pembangunan insfratuktur di desa, terutama pembangunan di daerah pingiran atau perbatasan.

“Sehingga akan berdampak pada menurunya angka kemiskinan dan akan meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Bupati menegaskan jangan sampai ada kepala desa yang tertangkap polisi karena bermasalah, bupati juga sudah berkordinasi dengan pihak kepolisian dan kejaksaan untuk langsung memeriksa jika ada kepala desa yang menyalahgunakan pengunaan dana desa.

“Jadi kalau kades terbukti bersalah ya harus siap di periksa oleh pihak kepolisian dan kejaksaan dan mempertanggungjawabkan jika terbukti menyalahgunakan dana desa,” tambahnya.

Kemudian untuk pencairan ini dibagi tiga tahap, untuk tahap pertama 20 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ke tiga 40 persen. “Jadi nanti penyalurannya bertahap, tidak sekaligus di salurkan,” pungkasnya. (dira/sg)

News Feed