oleh

Jangan Berhenti Berkiprah, Tanamkan Jiwa Sosial Alumni

-Sumsel-34 views

//Harlah ke-1 Tahun Hammpitara Virtual

// 15 Program Sukses Digelar

PALEMBANG – Beragram program terus digagas Hammpitara (Himpunan Alumni Magister Manajemen Pendidikan Islam Tarbiyah). Itulah yang mewarnai perjalanan organisasi alumni Magister MPI FITK UIN Raden Fatah Palembang yang hari ini, Rabu (5/8/2020) genap berusia 1 tahun.

Ya, banyak yang sudah diperbuat Hammpitara selama setahun terakhir. Baik kajian keislaman, sosial, kesehatan dan kegiatan berbasis pendidikan Islam lainnya.

Genap 1 tahun usianya, tentunya Hammpitara tak akan berhenti berkiprah. “Saya apresiasi kepada Hammpitara yang telah berkontribusi positif dalam berbagai kegiatan. Yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Kaprodi Magister MPI FITK UIN Raden Fatah Palembang Dr. Ermis Suryana, M.Pd.I dalam sambutannya pada acara Harlah ke-1 Tahun Hammpitara yang digelar secara virtual.

Ermis meminta agar ke depan Hammpitara lebih banyak melaksanakan kegiatan. Prodi MPI lanjut dia siap mendukung. Apalagi kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. “Saya ucapkan selamat kepada Hammpitara. Semoga ke depan semakin sukses dan memberi manfaat bagi masyarakat banyak,” terangnya.

Sementara Drs. Saiful M. Nuh, M.Pd.I Ketua Hammpitara dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak, baik Prodi MPI, Fakultas, dan Rektorat UIN Raden Fatah yang telah mendukung program Hammpitara selama 1 tahun terakhir ini. Tentunya, ke depan Hammpitara akan terus berkiprah dalam upaya mengembangkan dan mengimplementasikan ide serta gagasan anggota Hammitara.

“Program yang selama ini dinilai baik dan bermanfaat bagi masyarakat akan kita lanjutkan. Tetap dipertahankan. Sebagai organisasi yang baru lahir, tentunya masih banyak memiliki kekurangan dan keterbatasan. Oleh karena itu, saran, masukan dan ide-ide cemerlang dari semua pihak selalu kami butuhkan,” ujarnya seraya mengatakan, hal itu diperlukan demi kemajuan oragnisasi agar terus berkiprah.

Pada Harlah ke-1 Tahun yang digelar secara Virtual tersebut, Pengurus Hammpitara juga memaparkan kegiatan yang sudah dijalankan selama setahun ini. Dalam uraiannya yang disampaikan Kusumawati M. Pd menyebut, ada 15 kegiatan Hammpitara yang telah dilaksanakan selama 1 th 4 bulan ini.

Dimana dalam berbagai kegiatan yang banyak didukung Prodi Magister MPI, Fakultas Tarbiyah, dan Rektorat UIN Raden Fatah Palembang ini adalah kerja sama dengan  Kementrian Kesehatan dalam hal ini pihak Rumah Sakit Muhammad Husin Palembang.  “Kerja sama tersebut dalam bentuk edukasi masyarakat terutama di masa pandemi covid-19, yakni untuk selalu menerapkan pola hidup sehat,” paparnya.

Selanjutnya kata Kusuma, kerjasama dengan Prodi Saintek UIN RF Palembang dalam pembuatan hand sanitizer yg dibagikan kepada masyarakat sekitar wilayah Jakabaring, seberang Ulu 1 dan Ilir Timur 1 dan beberapa kegiatan yang dilaksanakan secara virtual. Tujuan pelaksana kegiatan tidak lain, untuk menjaga hubungan baik antar angkatan dan alumni Magister MPI dan menumbuhkan jiwa-jiwa sosial pada diri alumni yang diaplikasikan dengan pelaksanaan kegiatan.

Dalam Harlah ke-1 tahun Hammpitara mengambil tema “Dengan Semangat Kebersamaan Ciptakan Alumni Magister MPI Yang Berintegrtas, Berkemajuan dan Kompetitif”. Sacara sendiri berlangsung sangat hangat. Meski dilaksanakan secara virtual, semua peserta yang hadir dalam saling sapa sembari memberi dukungan saran dan masukan kontruktif lainnya.

Sebelumnya, kegiatan yang dipandu Siti Aisyah ini diawali pembacaan ayat suci Al-Quran Agung Kurniawan, M.Pd, sambutan perwakilan alumni disampaikan H. Ikral, S.Ag. MM. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga disisi dengan pencerahan managemen oleh Dra. Choirunniswah, MAg.

Dalam pencerahannya, Choirunniswah menyampaikan kebanggaannya adanya organisasi Hammpitara. Dimana keberadaan organisasi ini juga ikut mendukung nilai akreditasi Prodi dan juga merasa senang dengan kegiatan positif. “Saya bangga dengan Hammpitara, demi kemajuan organisasi ini tentunya siap mendukung dan membantu kegiatan program Hammpitara,” tambahnya. Selanjutnya acara ditutup doa dipimpin Dr. Muhammad Aknan M.Pd. I.

Hadir alumni Magister MPI yang terhimpun dalam Hammpitara, mahasiswa Magister MPI, guru-guru beberapa madrasah di Kota Palembang, Kaprodi Magister MPI Dr. Ermis Suryana, M.Pd.I Sekretaris Prodi Dr. M.Win Afgani, M.Pd dan Wakil Dekan 3 Dra. Chairun Niswah, M.Ag. (rl/fs/asa/01)

 

Komentar

News Feed