oleh

Jangan Baca yang Tak Mendidik

PRABUMULIH – Road show program gemar membaca gelaran Harian Prabumulih Pos akhir pekan lalu digelar perdana di SMPN 1. Event tak hanya disambut antusias oleh ratusan siswa yang sudah menunggu sejak pagi, tapi juga oleh para guru di lingkungan SMPN 1.
“Sebagai sekolah pertama yang dikunjungi dalam road show ini, kami cukup merasa bangga. Dan kami mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah menyelenggarakan acara yang sangat bagus dan bermanfaat ini,” tuturnya.
Riduan menilai program gemar membaca adalah sebuah program yang baik dan sejalan dengan pendidikan saat ini. Tak hanya itu, ia pun menilai program ini dapat mendukun program wali kota dalam menciptakan Prabumulih sebagai kota yang cerdas dan berkualitas.
“Bersamaan dengan diselenggrakannya kegiatan roadshow ini, marilah kita sebagai generasi penerus bangsa menumbuhkan semangat membaca. Dengan membaca tentunya kita akan lebih banyak menambah pengetahuan dan juga tentunya menambah ilmu kita, bukan hanya pengetahuan mengenai pelajaran sekolah saja, akan tetapi juga pengetahuan mengenai berita dan kabar yang ada di sekitar kita. Salah satu contohnya dengan membaca surat kabar Harian Umum Prabumulih Pos yang banyak menyajikan berita dan informasi yang ada di sekitar kita setiap harinya,” ujarnya.
Meski membaca baik, Riduan mengingatkan agar anak didiknya memilah-milah bacaan. Karena menurutnya, beberapa bacaan saat ini cenderung menyebarkan berita bohong bahkan menghasut.
“Memang membaca merupakan salah satu kegiatan yang bagus dan tentunya menambah pengetahuan kita, akan tetapi jangan sampai kalian terpengaruh oleh bacaan-bacaan yang kurang mendidik seperti berita yang beredar di media sosial saat ini. Maka itu, pilihlah bacaan kalian, pilihlah bacaan yang bermutu dan memiliki nilai pendidikan dan juga informasi yang memang kita perlukan pada kehidupan kita,” tandasnya.
Sementara antusias siswa dalam pelaksanaan roadshow ini terlihat saat adanya sesi tanya jawab di sela-sela kegiatan tersebut. Salah satu peserta yang berasal dari kelas VII mengatakan kegiatan ini sangat mendidik dan sangat bagus untuk terus dijalankan. “Kegiatan gerakan membaca koran ini sangat bagus dan sangat mendidik, salah satu pembelajaran yang dapat saya ambil dalam kegiatan ini yaitu kami hendaknya meningkatkan minat membaca kami untuk semakin menambah pengetahuan kami,” ucap Arsy ketika itu.
Di tempat yang sama, GM Harian Umum Prabumulih Pos, Ade Rosad SPd. I menyampaikan pelaksanaan program gemar membaca koran ini akan dilakukan di beberapa sekolah lainnya di Kota Prabumulih pada bulan ini. Sekolah yang dijadikan sebagai tempat pelaksanaan roadshow ini merupakan sekolah pilihan di Kota Prabumulih. “Pada bulan ini kita akan melaksanakan roadshow di beberapa sekolah tingkat SMP, tentunya harapan kita kedepan bisa juga dilakukan diseluruh sekolah lainnya di Kota Prabumulih . Tujuanya agar minat baca para pelajar bisa tumbuh, ketimbang bermain games di gadget, yang tidak memberikan manfaat. Maka dari itu dengan banyak membaca, tidak hanya menambah ilmu, tapi juga membuka cakrawala dunia para siswa tersebut,” tukasnya. Sembari menyebutkan program tersebut bisa wujudkan Kota Prabumulih sesuai dengan visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Prabumulih saat ini.(Dewi)

News Feed