oleh

Jalan Rusak, Macet Parah, Truk Terguling

MUARA ENIM – Kemacetan panjang akibat kerusakan jalan Prabumulih-Baturaja tepatnya Desa Air Asam, Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim kemarin (14/2) terjadi. Kondisi ini pun diperparah dengan angkutan bertonase besar masih melintas bebas.

Pantauan koran ini di lapangan, kerusakan jalan terparah terjadi di Desa Air Asam Kecamatan Lubai. Ada beberapa titik jalan berlobang hingga membuat kendaraan bertonase besar sulit melintas. Untuk dapat melintasi jalan yang rusak dengan aman, maka kendaraan jenis truk harus ekstra hati-hati. Bahkan ada diantaranya yang terguling.

Meski ada petugas kepolisian yang melakukan nornalisasi arus lalu lintas, namun kemacetan masih saja terjadi. Ini lantaran banyaknya truk pengangkut kayu, kepala sawit hingga karet melintas. Akibatnya kendaraan dari arah Baturaja atau sebaliknya macet hingga 1 jam lebih. Warga berharap pemerintah segera melakukan perbaikan jalan tersebut sebelum bertambah rusak.

“Kalau jalan ini dibiarkan rusak seperti ini, tidak menutup kemungkinan akan makin parah. Lihat saja lobang yang ada pada jalan itu makin dalam dan besar. Belum lagi kendaraan yang melintas banyak yang bertonase besar,” ujar Rudi (45) pengguna jalan yang harus rela menunggu akibat macet.

Ia mengatakan, memang secara umum jalan Prabumulih-Baturaja mulus, tapi ada sebagian yang masih rusak. Terutama di daerah Air Asam. “Dengan intensitas hujan yang tinggi seperti ini, maka kerusakan dikhawatirkan makin parah. Harus ada langkah antisipasi agar jalur Baturaja-Prabumulih tidak putus,” pintanya.

Senada dikatakan Bambang warga Baturaja yang kerap melintas jalur tersebut. Menurutnya, ia tidak mengetahui bakal terjebak macet seperti ini. Sekitar pukul 10.30 WIB ia melintas di jalur tersebut. Ternyata dihadang macet, Ada mobil truk yang mengangkut sawit sulit melintas karena jelan berlobang.

“Wajar saja kalau jalan cepat rusak. Soalnya yang melintas ada yang lebihi tonase. Bahkan kendaraan truk besar bebas melintas,” katanya. Sedianya saat ini ia sudah masuk Indralaya, tapi dengan kondisi macet seperti ini maka akan lama sampai. “Kalo biso pemerintah cepet tangani jalan rusak ini, mumpung belum parah,” ucapnya. (asa)

News Feed