oleh

Jalan Garuda Amblas

-Kecamatan-11 views
  • Diduga Akibat Galian Pipa Gas

PRABUMULIH – Jalan Garuda RT 2 RW 5 Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur amblas. Parahnya, tak hanya jalan gorong-gorong yang ada disekitar jalan mulai miring.

Informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, rusaknya jalan yang bersebelahan dengan gorong-gorong sudah terjadi sejak 1 tahun lalu. Pantauan koran ini, disekitar jalan yang amblas dipasang kayu penyangga oleh warga sekitar.

“Sudah sejak tahun 2019 rusaknya, awalnya tidak tau. Tapi lama lama ambruk, saat hujan air keluar sampai ke jalan,” kata Joko Winarno warga komplek Perumahan Griya Sejahtera 2 yang rumahnya sangat berdekatan dengan lokasi jalan amblas.

Nah, mengenai penyebab kerusakan menurut Joko akibat pengerjaan galian pipa gas kota. “Hancur gara gara penggalian pipa gas, waktu balikke bekas galian batu tidak rapat. Semestinya satu batu, cuma setengah batu,” ujar pria yang akrab disapa kiai Joko ini.

Sejak saat itu, kata Joko bila hujan deras akan mengalir ke aliran batu yang terpasang tidak rapat. “Air dari atas deras kalau hujan, bukan lewat gorong gorong tapi lewat aliran tadi. Lama-lama tergerus, amblas sama jalan juga,” imbuhnya menuturkan kalau kondisi gorong gorong tidak separah jalan yang amblas.

Ia mengaku sudah menyampaikan laporan ke pihak Kelurahan. “Waktu itu dari PU sudah sempat meriksa, tapi belum dibangun juga,” ucapnya.

Lebih jauh pria asal Komering ini berharap, agar jalan dan gorong-gorong yang amblas untuk segera diperbaiki. “Kalau bisa dibagusi, karena khawatir juga kalau tidak dibenari. Bisa anjlok juga rumah. Karena dulu disini rawa rawa jadi khawatir kalau makin tergerus yang di bawah,” jelasnya mengatakan untuk sudah sejak lama kendaraan roda dua, maupun roda empat tak bisa melewati jalan tersebut.

Terpisah Lurah Kelurahan Gunung Ibul Sarutama, dikonfirmasi mengakui sudah menerima laporan dari warga terkait kerusakan tersebut.”Bahkan sudah juga kami masukkan di Musrenbang (musyawarah rencana pembangunan), namun mungkin karena kondisi anggaran sehingga belum bisa terealisasi,” tukasnya mengatakan usulan juga sudah disampaikan ke dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Perkim.(08)

 

Komentar

News Feed