oleh

Jahe Merah Bisa Jadi Tanaman Tumpang Sari

-Metropolis-280 views

PRABUMULIH – Rencana PT Bintang Toedjoe mengandeng TP PKK mengembangkan budidaya jahe merah direspon positif Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM. Ridho berharap, jahe merah bisa menjadi tanaman tumpang sari. Khususnya, bagi petani karet di Prabumulih. Sehingga, bisa menjadi penghasilan alternatif bagi petani karet.

“Sangat bagus programnya kita sambut baik, apalagi tidak hanya sekedar pelatihan saja. Tetapi juga, pemberian bantuan bibit dan juga pembelian hasil budidaya jahe merah tersebut,” terang orang nomor satu di kota ini kepada awak media, belum lama ini. Sebutnya, kalau bisa dimanfaatkan sebagai tanaman tumpang sari. Jelasnya bisa meningkatkan kesejahteraan petani karet, di sela-sela harga karet sejauh ini tidak stabil.

“Tidak hanya TP PKK bisa meningkatkan kesejahteraannya. Begitu juga petani karet ke depannya tidak perlu mengandalkan hasil dari karet saja,” tukas suami Ir Hj Suryani Ngerti Rahayu ini. Adanya program tersebut, kata ayah tiga anak ini mendukung program budidaya tanaman obat (Toga) direncanakan dianggarkan dalam APBD. “Jahe merah, masuk dalam Toga. Sangat bermanfaat dan berguna, untuk dibudidayakan,” tukasnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD, H Daud Rotasi SSos menyambut baik dan mendukung penuh masalah budidaya jahe merah tersebut. Apalagi, kata Daud, jahe merah banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. “Tidak hanya jadi tanaman toga, jahe merah ini bisa dijadikan tanaman tumpang sari bagi petani karet. Sehingga, sewaktu harga karet turun. Petani bisa mengandalkan jahe merah ini,” sarannya. Ungkapnya, DPRD sendiri siap mendukung dari segi anggaran lewat APBD. “Apalagi, tujuannya sangat baik untuk peningkatan kesejahteraan bagi petani dan juga masyarakat,” bebernya. (03)

Komentar

News Feed