oleh

Jadikan Masjid Sebagai Tempat Belajar

-Pendidikan-462 views

MUARA DUA – Selain ruangan kelas, banyak cara yang digunakan sekolah sebagai tempat belajar bagi peserta didiknya. Salah satu yang dilakukan SMA Negeri 7. Setiap hari, sekolah itu memberikan kegiatan belajar mengajar (KBM) kepada peserta didiknya bertempat di masjid.
“Sudah hampir sekitar satu bulan terakhir ini. Siswa kita dengan memakai masjid yang diperuntukkan sebagai tempat media belajar selain di dalam kelas,” ujar Kepala SMA Negeri 7, M Aliyenah SPd MSI melalui Drs Hendra Jaya MM Guru PAI kelas X ketika dibincangi koran ini, kemarin (21/2) di masjid Assidiq sekolahnya.

Terutama tempat tersebut mayoritas digunakan, kata Hendra, dari pihaknya asal siswa yang mengikuti KBM terutama di mata pelajaran pendidikan agama Islam mulai kelas X hingga XII.
“Karena tempat itu selain digunakan kita menyampaikan teori mata pelajaran PAI. Nah, disinilah juga sekalian jadi tempat kegiatan praktek shalat duha atau pun shalat lima waktu seperti zuhur dan aszhar secara berjamaah,” jelasnya.

“Apalagi terkait shalat duha itu. Prakteknya yang diberikan kita secara bersama-sama. Nanti, praktek sendiri-sendiri itu baru akan diikuti mereka (siswa, red) kita ketika mereka sudah mengikuti ujian praktek di kelas XII,” ucapnya sambil menyebutkan tempat KBM-nya baru tersebut juga sebagai penyegaran belajar bagi siswa di sekolahnya.

Selain sejuk, nyaman dan tentram dengan mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di masjid, Efri Jumilta menambahkan, materi yang diberikan lebih mudah masuk dan diserap ketimbang belajar di dalam ruangan kelas.
“Sebab di kelas itu keadaannya terlalu sempit dan dianggap juga terlihat formal. Beda dengan kita belajar disini (masjid,red). Kita lebih cepat mengerti atau memahami dengan apa yang disampaikan guru,” kata salah satu siswa kelas XII IPA 4. (Mg 02)

BELAJAR: Siswa kelas X SMA Negeri 7 sedang mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bertempat di masjid
Photo: bakron/prabupos

News Feed