oleh

Jadikan Dinding Sebagai Media Pembelajaran

-Pendidikan-11 views

PRABUMULIH – Semua hal yang ada di sekitar, dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh sekolah yang ada di Prabumulih, dalam rangka mempercantik lingkungan sekolah, sebagai rumah kedua.

Namun jauh dari itu, dinding juga dapat menjadi media pembelajaran. Seperti yang terdapat di SMPN 4 Prabumulih, dinding dijadikan sebagai tempat memasang point penting nilai pendidikan karakter yang tertuang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Sebagai sekolah rujukan, sekolah ini juga sempat menjadi juara masr PPK, yang didalamnya terdapat beberapa point penting  yaitu, religius, nasionalis, kegotong royongan, integritas dan mandiri. “Dengan dipasang di dinding, diharapkan mudah terlihat oleh siswa sehingga tertanam didalam hati agar mudah diaplikasikan,” jelas Kepala Sekolah SMPN 4 Prabumulih, Drs Asrowi MSi Selasa (20/10/2020).

Menurutnya, saat ini pendidikan karakter sangat penting ditanamkan dalam diri siswa, karena itu perlunya interaksi secara intens antara guru dan siswa meski dari jarak jauh.

“Kecanggihan teknologi tidak akan pernah bisa menggantikan guru yang hebat. Memang materi pembelajaran dapat dengan mudah dicari melalui internet, namun pendidikan karakter siswa tidak akan terbentuk hanya dengan melihat ilmu pengetahuan dari internet,” bebernya.

Lebih jauh mantan Kepala Sekolah SMPN 11 Prabumulih ini mengatakan, banyak pesan pesan menarik yang bisa disampaikan melalui tembok sekolah, agar lebih bermanfaat. “Selain memberikan lukisan pemandangan yang menarik, dinding  Juga dapat diisi dengan berbagai informasi menarik yang harus disampaikan kepada semua orang agar lebih bermakna,” tandasnya.(05)

Komentar

News Feed