oleh

Inovasi PDSI Prabumulih Sudah Dipakai 3 Rig

PRABUMULIH – Sebanyak 8 orang pegawai Pertamina Driling Servis Indonesian (PDSI) project SBS (sumatera bagian selatan) menemukan Inovasi Project Colaboration (PC) Prove Voltros yaitu sistem pengereman pada drawwork dengan menggunakan peralatan voltros yang merupakan singkatan dari Advanced Automatic Anti-Fall Travelling Block Assembly, yang berfungsi untuk mencegah kegagalan sistem pengereman pada drawwork secara otomatis, sehingga tidak terjadi travelling block melorot yang dapat menyebabkan kecelakaan dan kerusakan peralatan.

“Voltros merupakan safety device dengan konfigurasi sensor pada main drum drawwork dan brake lever yang terhubung dengan pneumatic piston crown otomatic, yang berfungsi untuk mendeteksi adanya kegagalan sistem pengereman dan secara otomatis membantu proses pengereman drawwork,” jelas Afriansyah salah seorang inovator alat ini, saat dikonfirmasi Selasa (3/3).

Pria yang akrab di sapa Anca ini menjelaskan, saat ini alat yang sudah mendapatkan penghargaan dari Forum presentasi CIP (continuous improvment programs) tahun 2019 ditingkat PT.PDSI dan dari forum hulu 2019 ini,  bahkan sudah digunakan oleh 3 rig yang ada di wilayah Prabumulih Sumatera Bagian Selatan (SBS).

Diketahui awalnya alat ini ditemukan pada bulan februari 2018 , lalu kemudian dilakukan pengujian selama 3 bulan sebanyak 30 kali mulai hingga bulan juni 2019, setelah dinyatakan aman, kemudian baru diaplikasikan di Rig PSDI 20.2/emscod2-M  Di lokasi Belimbing .

“alhamdulillah Alat ini terbukti aman dan membuat operator lebih  percaya diri untuk mengoperasikan Drawwork dan travelling block bahkan hasil dari alat ini sudah digunakan untuk 3 sumuran di daerah Prabumulih, ” jelasnya yang didampingi tim inovator Voltros yaitu, Danang hermanto,  Rian zulkarnain, Afriansyah, Sugeng Suprapto, Horas Napindo, Evo Edy Heriyanto, Anugrah Sutanto Dan M Lanov.

Saat ini, Alat yang sudah mengalami 30 x pengujian selama 3 bulan ini, juga sudah divalidasi oleh pihak Politeknik negeri Sriwijaya yang juga sebagai pihak eksternal PDSI. “setelah dinyatakan aman dan sudah bisa membantu operator dalam bekerja, kita berharap agar alat ini dapat di terapkan diseluruh Rig Pertamina,  dan juga Rig swasta,”tandas Rig superintendant PDSI SBS ini.(05/adv)

Voltros Sudah digunakan Operator Drawwork

Komentar

News Feed