oleh

Inovasi Media Filter Sampah Mulai Dilirik

PRABUMULIH – Inovasi warga Kelurahan Cambai Kecamatan Cambai Kota Prabumulih, terkait pengelolaan sampah yang menjadikan media filter. Kini mulai dilirik oleh beberapa kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Selatan.

Pasalnya, media filter sampah ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan yang ramah lingkungan, terutama untuk memfilter saftytank dan penyaringan limbah rumah tangga.

Dengan pembuatan yang sangat sederhana serta yang poin pentingnya adalah pemanfaatan limbah sampah plastik, ini sudah menjadi tambahan penghasilan bagi warga khususnya di RT 3 RW 2 Kelurahan Cambai.

Informasi ini di kupas tuntas kemarin sabtu (12/6/2021) dalam Talkshow singkat dalam program acara bercerita canda tawa (Becawa ) on air di Radio Pentas Prabupos 98.7FM yang di pandu oleh host Tengku Hendra.

Talk Show dihadiri langsung oleh Lurah Kelurahan Cambai, Fitria SH yang didampingi ketua RT 03 RW 02,¬† Reni. “Inovasi ini sebenarnya baru berjalan kurang lebih 7 bulan terakhir ini. Namun karena¬† kebenaran ada yang mempromosikan sehingga kita diminta untuk langsung produksi memenuhi permintaan dari daerah Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir dan Muara enim,” jelas Fitria SH.

Bahkan lanjut wanita cantik ini, setelah mendapatkan pesanan dari 7 kabupaten kota maka pihaknya dapat memberdayakan para warga sekitar yang memang belum memiliki penghasilan. “Daripada main game lebih baik diajak memproduksi media filter sampah yang dapat menghasilkan uang, agar tidak menjadi beban orang tua,”bebernya.

Ketua RT 02 RW 03 , Reni menambah bahwa inovasi ini mendapatkan  respon positif dari semua warga, bahkan Pemerintah Kota Prabumulih dan pemerintah Pusat. Warga di kelurahan juga lebih senang karena sampah yang selama ini khususnya sampah plastik dipandang sebelah mata ternyata dapat bermanfaat, dan menjadikan daerah Cambai berseri.

“Kita berharap para warga untuk memproduksi media filter sampah ini makin semangat, dan harapan kita semua warga dapat memanfaatkan sampah menjadi hal yang bermanfaat. Karena prospek kedepan inovasi ini sangat Cemerlang insya Allah kita akan masuk dengan Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan rakyat (PU-PR) Dalam program sanitasi,” tandasnya. (05)

Komentar

News Feed