oleh

Ini yang Buat Bonsai Mahal Nilai Fantastis

-Sumsel-783 views

MARTAPURA – Selain unik dengan bentuk yang proporsional, ternyata bonsai juga identik dengan usia. Ada yang mencapai puluhan hingga ratusan tahun.

Nah, tanaman bonsai yang dipamerkan di pelataran Taman Tani Martapura OKUT usia tertua 32 tahun.

“Ada juga yang baru 5 bulan. Kebetulan ada tanaman bonsai jenis beringin arjuna yang mencapai 32 tahun,” ungkap pecinta bonsai yang tergabung dalam Martapura Bonsai Society, Darwin (32)  kepada prabumulihpos.co.id Sabtu (19/1).

Ia menambahkan, bonsai yang dipamerkan pada HUT OKUT ke 15 tahun ini ada beberapa jenis tanaman. Diantaranya, bonsai sancang, serut, beringin dolar, beringin jejawi, beringin arjuna, kelapa, asam jawo, sisir dan lainnya.

Kesemuanya ini dimiliki oleh beberapa pecinta bonsai yang tergabung dalam Martapura Bonsai Society. Ada juga peserta dari Belitang ikut andil. Mengenai harga? Darwin menyebut masih dalam kisaran Rp 400 ribu hingga Rp7 jutaan.

“Bonsai ini memiliki nilai tinggi karena dilihat dari gaya, bentuknya yang proporsional dan kelangkaannya. Itulah yang membuat mahal,” ujarnya didampingi pecinta binsai lainnya Yusman. Ia menambahkan, selain menggunakan media pupuk organik, ia juga menambahkan pasir malang yang dipesannya dari Jawa. (asa)

News Feed