oleh

Ini Tips Agar Anak Tetap Nyaman di Rumah saat Pandemi Covid-19

-Metropolis-31 views

PRABUMULIH – Berada di tengah pandemi tentunya banyak yang menghanti masyarakat. Belum lagi tak bisa keluar rumah, sedangkan kebutuhan hidup harus terpenuhi.

Joni Setiawan, SPsi MSi, Kind Praktisi Psikologi di Kota Prabumulih mengatakan dirinya makin banyak yang menghubungi terkait covid-19 maupun masalah lain. Ada yang punya keluarga menyampaikan permasalahan keluarga, hingga permasalahan anak dan permasalah lainnya.

“Di tengah covid-19, anak-anak dan remaja bereaksi tergantung dengan situasi di tengah mereka. Kembali ke prilaku yang sudah dikuasai, kekhawatiran atau kesedihan yang berlebihan akan mempengaruhi ketenangan,  karena itu berikan kasih sayang dan perhatian yang lebih pada anak,” katanya.

Ada juga yang menghindari aktivitas sekolah mendalam jaringan, dengan banyaknya tugas yang merupakan hal baru karena harus belajar dari jarak jauh, itu menjemukan.

“Jawab pertanyaan anak sesuai dengan usia, yakinkan anak agar merasa aman dirumah, dengan mendapat kasih sayang dan perhatian yang lebih dari biasanya mereka akan tetap merasa aman,” katanya.

Tips lain agar tetap merasa aman, usahakan menyaring informasi yang diterima anak, apalagi banyak berita hoax, berita yang terlalu dibesar besarkan yang paaa akhirnya memberikan ketidak nyamanan.

“Jika harus melakukan aktivitas sekolah,  maka utamakan kenyamanan. Tanyakan pada anak apa yang disukai dan ajak diskusi anak mengenai hal yang menjadi beban baginya dan apa mau anak,” jelasnya. (05/fs/01)

 

Komentar

News Feed