oleh

Ini Dia Parpol Lolos Verifikasi Faktual

PRABUMULIH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah meliris daftar 14 partai politik (parpol) yang lulus verifikasi faktual (virtual) dan berhak mengikuti pemilihan legislatif (pileg) 2019 mendatang.

Partai-partai yang dinyatakan lulus virtual yakni; Partai Amanat Nasional (PAN), PDI Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasional Demokrat (NasDEM), Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Kemudian ada sejumlah partai politik baru di antaranya; Partai Persatuan Indonesia, (Perindo), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya, Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda).

Sementara itu, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) dinyatakan gagal verifikasi faktual dan tidak lolos sebagai peserta pileg 2019. Sementara diketahui, di Prabumulih kedua partai tersebut memiliki kursi masing-masing PBB memiliki 2 kursi dan PKPI 1 kursi.

Ketua KPU, M Takhyul Hamid SIP dikonfirmasi melalui Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Sirajuddin SH menerangkan, kalau pihaknya telah mendapat informasi kalau dua parpol tersebut (PBB dan PKPI) tidak lolos verifikasi.

“Informasi kita himpun, tidak lolosnya PBB dan PKPI. Karena, penyebaran anggotanya di Provinsi Papua di bawah 75 persen. Yang memutuskan, tidak lolos KPU Pusat. Sementara itu, di Prabumulih sendiri PBB dan PKPI lolos verifikasi faktual,” jelasnya kepada koran, kemarin (17/2).

Siraj menerangkan, untuk peserta pileg di Kota Nanas ini. Pihaknya masih menunggu petunjuk dari KPU Pusat, lantaran PBB dan PKPI masih melakukan upaya hukum untuk mengajukan langkah hukum atas keputusan tersebut.

“Berbeda kalau sebaliknya, artinya final. Dan, PBB dan PKPI sudah dipastikan tidak menjadi peserta pileg. Termasuk juga di Prabumulih, pada 2019 artinya tidak memiliki kursi,” tandasnya.

Pensiunan PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) ini menjelaskan, kalau sejauh ini ada 14 parpol yang ditetapkan oleh KPU Pusat sebagai peserta pileg. Dan, punya hak mendudukan wakilnya di DPRD. Termasuk di DPRD kota ini pada pileg tahun depan.

“Temasuk 4 parpol baru, Perindo. Lalu, Partai Berkarya, PSI dan Partai Garuda. Punya kan mendudukan wakilnya di DPRD Prabumulih, karena sudah lolos sebagai peserta pileg oleh KPU pusat,” bebernya. (03)

Ketua Dewan Pimpinan Kota (DPK), Ir H Iskandar Mulia dikonfirmasi menerangkan, PKPI pusat akan melakukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Akibat putusan tersebut, dan itu memang hak parpolnya. “Masih ada langkah hukum, dan kita optimis PKPI bisa menjadi peserta pileg 2019,” ucapnya.

Kandar menyebutkan, bisa saja terjadi kesalahan data ketika verifikasi faktual KPU. Sehingga, akhirnya diputuskan PKPI tidak memenuhi persyaratan dan dinyatakan gagal menjadi peserta pemilu. “Kita tetap yakin, kursi wakil kita masih ada di pileg tahun depan,” tandasnya.

Begitu juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB, Adi Triayadi Agustian mengatakan, kalau masih ada 5 hari ke depan diberikan KPU Pusat. Untuk parpol yang mau mengugat keputusan tersebut ke Bawaslu, dan pihaknya yakin DPP PBB akan melakukan gugatan agar bisa menjadi peserta pileg 2019.

“Harus optimis, kursi di DPRD bisa dipertahankan dan bahkan ditambah. Masih ada upaya hukum yang dilakukan, mengugat KPU ke Bawaslu,” tandasnya. (03)

News Feed