oleh

Ini Alasannya Pemkot Prabumulih Batal Seleksi Ulang PHL

-Metropolis-660 views

PRABUMULIH – Rencana seleksi ulang Pekerja Harian Lepas (PHL) oleh Pemkot Prabumulih dibatalkan. Pasalnya, Pemkot Prabumulih memilih mengikuti rekomendasi DPRD.
Sebelumnya, langkah Pemkot melakukan pengurangan sudah logis. Karena jumlah PHL membengkak. Yakni mencapai sekitar 4.900 orang. Terkait hal ini akan dilakukan seleksi ulang.

“Kita patuh terhadap saran DPRD lewat paripurna pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Induk 2019, untuk tidak mengurangi PHL lewat seleksi ulang. Akan tetapi, jika PHL tersebut malas atau tidak bekerja (bolos, red) akan kita berhentikan,” kata Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM usai sidang paripurna pengesahan RAPBD Induk menjadi peraturan daerah (Perda), Kamis sore (29/11).

Ketua DPRD, H Ahmad Palo SE mengatakan, pengurangan hanya dilakukan pada PHL yang malas atau tidak bekerja. “Kita setuju pengurangan dilakukan bagi PHL yang malas, anggaran hanya untuk peningkatan mutu dan kualitas PHL. Termasuk, PNS yang malas juga kena sanksi,” ucapnya.

Langkah Pemkot tersebut menjadi catatan DPRD sendiri. Ia berharap, kebijakan tersebut benar-benar dilaksanakan sesuai rekomendasi DPRD.

“Tinggal lagi, kita (DPRD, red) melakukan pengawasan atas kebijakan mengenai pengurangan PHL. Hanya, khususnya PHL yang malas saja,” tambah Politisi Partai Persatuan Pembangunan.

Senada juga, ungkap Wakil Ketua DPRD, HM Daud Rotasi SSos, kalau kebijakan pengurangan PHL yang malas saja adalah langkah tepat.

“Apalagi, anggarannya masih memungkinkan. Untuk apa dikurangi PHL, kecuali yang malas atau sudah tidak ada niat bekerja lagi. Sudah selayaknya, diberhentikan ketimbang membebani anggaran,” ujar Daud. (03/asa)

News Feed