oleh

Ini Alasan Bupati OKU Timur Pentingnya Gandeng BPS

-Sumsel-227 views

MARTAPURA – Pentingnya data dalam menentukan program pembangunan membuat Pemkab OKUT melakukan berbagai terobosan. Salah satunya bekerja sama dengan Badan Pusat Statisik (BPS). Langkah sangat berguna sebagai acuan yang bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Demikian disampaikan Bupati OKUT HM Kholid Mawardi SSos M.Si usai Penandatanganan Memorandum of Understandin (MoU) dengan BPS Kabupaten OKUT di Ruang Bina Praja II, akhir pekan lalu. Menurutnya, dengan data, maka segala sestuatu yang berkaitan dengan pembangunan akan terukur berhasil tidaknya.

“Kita butuh data. Nah, data yang bisa dipertanggung jawabkan secara nasional adalah BPS, oleh kerena itu kita jalin kerja sama ini,” kata suami Rusmiyati ini. Masih kata Kholid, butuh sinergisitas antara program Pemkab OKT dengan BPS. Sebab, tolok ukur pembangunan itu ditentukan oleh angka.

“Data BPS tidak bisa dipandang sebelah mata, oleh kerena itu kita akan jalin kerja sama secara terus menerus,” ucapnya. Misalnya saja lanjut Kholid, dalam menentukan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) acuannya adalah BPS. Dimana OKUT yang sebelumnya berada pada posisi 11 melompat ke posisi ketujuh untuk di Sumatera Selatan.

Ia menyebut, untuk melaksanakan kegiatan program IPM banyak komopnen yang harus terpenuhi. Diantaranya, usia harapan hidup manusia, kesehatan masyarakat, angka buta huruf dan tingkat pendapatan. “Kita bersyukur komponen yang ada itu OKUT mengalami kemajuan sangat siginifikan kea rah positif,” pungkas Kholid. (asa/hms)

News Feed