oleh

Ingin Tahu Gaji Perangkat Desa di Prabumulih ?

-Metropolis-562 views

PRABUMULIH – Sebelum Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo atau dikenal Jokowi menjanjikan gaji perangkat desa setara PNS golongan IIA.

Pemerintah kota (Pemkot) telah mewacanakannya dengan persetujuan DPRD, sejak 2017 silam agar gaji perangkat desa yang ada di Kota Nanas ini setara PNS golongan IIA.

Dari tahun ke tahun, gaji perangkat desa terus dinaikan disesuaikan dengan kemampuan daerah. Nah, pada 2019 ini ternyata gaji perangkat desa rata-rata sudah diatas PNS golongan IIA dengan masa dinas nol tahun sebesar Rp 1,926 jutaan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Drs Aris Priadi SH MSi menerangkan, kalau perangkat desa tersebut sendiri. Terdiri dari Kepala Desa (Kades), Sekretaris Desa (Sekdes), Kepala Urusan (Kaur), Kepala Dusun (Kadus), dan Kepala Seksi (Kasi).

“Kades sendiri gaji alias penghasilan tetapnya Rp 4 juta perbulan, belum ditambah honor dari dana desa (DD). Siltap, kades sendiri di Prabumulih tertinggi di Sumatera Selatan (Sumsel),” jelas Aris sapaan akrabnya kepada koran ini di ruang kerjanya, Jumat (18/1).

Kebijakan tersebut, kata dia, tak terlepas upaya Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM untuk meningkatkan kesejahteraan perangkat desa dan menyetarakan gajinya dengan PNS golongan IIA.

“Sedangkan, Sekdes Non PNS sekitar 70 persen dibanding kades atau sekitar Rp 2,8 jutaan. Berbeda dengan Sekdes PNS, gajinya sudah menyesuaikan dengan pangkat atau golongan dimiliki. Lalu, Kaur dan Kasi sendiri gajinya 50 persen dari kades atau sekitar Rp 2 juta. Sehingga, jelas kalau gaji perangkat desa kita telah diatas gaji PNS golongan IIA,” ucapnya. (03)

News Feed