oleh

Ingin Hidup Berkah, Ini Rahasianya…

-Pendidikan-374 views

PRABUMULIH – Jerih payah orang tua membesarkan anaknya, tidaklah mudah. Tentunya penuh perjuangan dan pengorbanan. Hendaknya harus dihargai dan dihormati oleh sang anak.
H Subki Sarnawi mengatakan, jika sang anak durhaka maka akan memutuskan rezekinya sendiri. Karena, sang pencipta sangat membenci anak yang durhaka kepada orang tua.
“Durhaka merupakan dosa besar, sudah selayaknya sebagai anak untuk menghormati dan menyayangi orang tua,” ujarnya ketika memberikan muhasabah kepada ratusan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Jumat lalu (13/4) sekaligus memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.
Kata dia, jika mau sukses dan berhasil dapatkan keberkahan dari orang tua. Karena, doa orang tua sangat mujarab untuk keberkahan dan keberhasilan anaknya. “Keberkahan datangnya pertama kali dari orang tua, sebagai anak harus patuh dan taat kepada orang tua,” jelasnya.
Tak lupa, Direktur Utama (Dirut) Sumeks Group ini mengingatkan, supaya siswa MAN harus pintar baca tulis alquran (BTA dan harus paham makroj dan tajwidnya.
“Jangan sampai siswa MAN, tidak bisa BTA. Jelas memalukan, selain itu kita mengajak seluruh pelajar untuk bersedekah. Dengan, bersedekah pahala yang kita dapat berlimpah,” terangnya.
Selain itu juga, ungkapnya kalau sudah tua baru mau belajar BTA jelas akan sulit. Dan, Subki mengingatkan, kalau pada bulan rajab ini ada peristiwa penting yang tak boleh dilupakan umat islam.
“Yaitu, peristiwa Israj Miraj atau dikenal turunnya perintah sholat lima waktu kepada Nabi Muhammad SAW dan umatnya. Betapa dahsyatnya peristiwa itu, karena hanya dalam satu malam. Nabi Muhammad SAW menempuh perjalanan dari Baithul Mahdis ke Sidratul Muntaha,” ujarnya.
Sebutnya, penting sekali arti sholat. Karena, sholat merupakan penghulu amal lainnya. Dan, sungguh merugi manusia yang meninggalkan dan tidak sholat.

“Ada tiga pekerja yang disukai sang pencipta. Antara lain, sholat diawal waktu, Berbakti kepada orang tua, dan jihat fisabilillah,” ucapnya.
Sementara itu, Waka Humas, Drs M Rifaat mengatakan, jadikan lah hari terakhir di minggu ini di sekolah menjadi hari terbaik. “Semoga hasil ujian mendapatkan nilai terbaik, dan semuanya bisa lulus dan mengapai cita-cita. Khususnya, bagi kelas XII,” pesannya.
Sambungnya, lewat muhasabah dan peringatan Isra Miraj ini mengajak siswa memperdalam arti kehidupan sesungguhnya. Baik, kehidupan didunia maupun diakhirat. “Sekaligus mewujudkan pendidikan yang berkarakter mewujudkan generasi emas dan islami. Semoga arti kehidupan tersebut bisa ditemukan dan menjadi bekal siswa,” pesannya. (03)

News Feed