oleh

Informasi Publik Harus Satu Sumber

-Pendidikan-40 views

PRABUMULIH – Seluruh instansi dibawah naungan Kementerian Agama, maksimalkan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Data (PPID). Hal ini seperti disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama kota Prabumulih, H Yesi Taswin saat dikonfirmasi koran ini Minggu (6/10).

Menurutnya seluruh instansi dibawah naungan Kemenag memiliki PPID masing-masing, kalau ada instansi lain yang perlu informasi data maka harus melalui PPID.

“Kita menginginkan informasi untuk dikonsumsi publik itu harus satu sumber, karena itu setiap instansi harus memaksimalkan fungsi PPID sebagai sumber informasi. TPID adalah bagian dari humas yang dikhususkan,”jelasnya.

Sementara Kepala Bagian Tata usaha Kementerian Agama kota Prabumulih, H Ali Ghufron saat dikonfirmasi mengatakan hal sama.

PPID ini sudah disosialisasikan kepada para pejabat di jajaran Kemenag yaitu seperti para kepala sekolah (Kepsek) para Kepala Kantor urusan Agama (KUA), ditambah guru yang berjumlah sebanyak 30 orang.

“Kita ingin simberdata satu suara, misalnya para Lsm atau wartawan itu cukup dilayani oleh Humus tidak perlu Kepala yang turun tangan, jika ada yang minta data maka harus sesuai prosedur,”jelasnya.

Ali mengatakan, hal ini bukan membatasi keterbukaan informasi publik, tapi dibuat layanan satu pintu agar semuanya dapat menjalankan peran masing-masing.

“Mungkin selama ini instansi lain yang mengharapkan informasi dari Kementerian Agama merasa tidak puas karena cukup dari humas namun itulah prosedur yang disepakati sesuai dengan prosedur yang ada di Kementerian Agama,”tandasarnya.

Diketahui pelaksanaan sosialisasi ini dilaksanakan di laboratorium MTS Negeri Kota Prabumulih lantaran gedung kantor Kementerian Agama kota Prabumulih sedang dalam proses perbaikan.

“MTS juga merupakan salah satu instansi dibawah naungan Kementerian Agama. Meski Bukan Kita Yang punya acara namun hanya sebagai tuan rumah, siap untuk memenuhi kebutuhan di lokasi kegiatan demi kelancaran keberlangsungan acara di Mts Negeri,”tambah Kepala Sekolah MTS Negeri Prabumulih, Drs HM Amin MM.
(05)

Komentar

News Feed