oleh

Imbau Masyarakat tak Tinggalkan Sampah

-Kecamatan-38 views

PRABUMULIH – Ribuan masyarakat dipastikan tumpah di Jalan Sudirman Sabtu (19/10), untuk menonton dan mengikuti karnaval HUT Kota ke-18.

Ramainya masyarakat yang memadati jalan Sudirman biasanya meninggalkan jejak yakni sampah. Karena itu, agar sampah tak berserakan setelah pelaksanaan karnaval masyarakay diimbau untuk mengurangi volume sampah.

“Caranya bisa dengan membawa botol minuman atau makanan sendiri, kalaupun memang hendak membuang sampah haruslah dibawa sendiri tidak dibuang dijalan,” imbau Direktur BSP Dady P SPdI melalui Humas BSP Siti Zuleha.

Selain itu kata dia hekdanya, masing-masing utusan peserta karnaval menyiapkan tim khusus untuk memungut sampah yang ada dibarisan. “Seperti membawa karung atau tempat sampah yang memadai,” terangnya.

Lebih jauh, Siti menambahkan sampah juga biasanya dihasilkan oleh pedagang. Karena itulah, besar harapan kata Siti pedagang juga menyiapkan tempat sampah sendiri. “Sampah-sampah dari jualan itu dikumpulkan, kemudian dimasukkan dalam karung atau wadah. Dengan begitu insyallah meksi dipadati ribuan masyarakat Sudirman akan tetap bersih dan terjaga,” ungkapnya.

Selain menjaga kebersihan usai karnaval kata dia, tak meninggalkan jejak sampah juga akan membantu meringankan beban petugas penyapu jalan. “Karena kalau sampah menumpuk, petugas akan bekerja hingga malam. Dengan sampah tidak menumpuk, kita sudah meringankan beban mereka,” tukasnya.

Sementara itu pantauan koran ini, sejak H-2 pelaksanaan karnaval sejumlah pedagang dadakan sudah “mematok” lapak untuk dijadikan tempat lokasi berjualan. Itu terlihat dijalan Sudirman yang ada diwilayah Pertamina. “Kalau idak cak ini didului wong. Ini bagi kami berkah, jadi kami memanfaatkan moment,” kata Ece salah satu warga.(08)

Komentar

News Feed