oleh

Imbau Keluarga Urus Akte Kematian

-Kecamatan-50 views

PRABUMULIH – Kesadaran anggota keluarga untuk mengurus akte kematian, bila ada keluarga yang meninggal masih rendah. Karena itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Prabumulih, menghimbau anggota keluarga menyampaikan laporan bila ada keluarga yang meninggal.

PLt Kepala Disdukcapil Drs Aris Priadi MSI menyampaikan, akte kematian akan diterbitkan oleh Disdukcapil. “Setelah ada laporan dan diurus oleh pihak keluarga, dan kepengurusan tersebut gratis,” kata Aris. Laporan kata dia, disampaikan melalui RT atau Kelurahan dan diurus langsung ke Capil. “Dengan sudah diurus dan akte kematian terbit. Data kependudukan akan lebih sinkron,” ucapnya.

Sebab dengan terlah diterbitkannya akte kematian data penduduk, seperti KTP EL juga akan secara otomatis dicabut. “Termasuk buat akte kematian sudah terbit BPJSnya tidak bayar lagi,” bebernya. Sekertaris Dinas Drs Amilton menambahkan, adapun syarat untuk mengurus akte kematian yakni;Foto Kopi Kartu Keluarga (KK), KTP yang meninggal. “Serta melampirkan surat keterangan meninggal dari Rumah Sakit (RS) atau Kelurahan,” ujarnya.

Sementara itu Lurah Kelurahan Tugu Kecil S Paridho Candra SKm, mengutarakan sejuah ini memang belum semua anggota keluarga yang mengurus untuk penerbitan akte kematian. “Mungkin mereka belum mengetahui manfaatnya apa, tapi banyak juga yang datang membuat surat kematian di kantor kelurahan. Dan itu harus ada pengantar dari RT atau RW,” tukasnya.(08)

Komentar

News Feed