oleh

Imbau Kades Laporkan Realisasi ADD

-Metropolis-248 views

PRABUMULIH – Penyerahan laporan pertanggung jawaban tahunan atau SPJ Anggaran Dana Desa (ADD) memang dibatasi hingga akhir Maret mendatang.

Namun, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) mengimbau, para Kepala Desa (Kades) yang ada di Kota Nanas ini untuk segera menyerahkan laporan realisasi dana desa secara keseluruhan paling lambat, minggu ketiga Januari ini.

Kabid Pemerintahan Kelurahan Desa (PKD), Sarpan Zahir SSOS MSi mengatakan, laporan realisasi ADD tersebut dibutuhkan, sebagai pengajuan ADD 2017. Rencana, awal Februari pihaknya akan ke Kementerian Desa (Kemendes).

“Kita ingatkan kades untuk segera menyerahkan laporan realisasi penggunaan ADD tahun lalu, memang informasinya realisasi dana desa yang kita terima sudah diatas 90 persen semuanya,” terangnya dikonfirmasi koran ini, akhir minggu ini.

Sarpan menerapkan, tahun ini kemungkinan pencairan ADD pada awal April mendatang. Karena, pihaknya juga meminta para kades untuk segera menyelesaikan SPJ dana desanya.

“Kalau penyerapan ADD-nya hingga 2017 ini, tidak diatas 70 persen. Makanya, pada 2018 mendatang desa tersebut terancam tidak lagi menerima dana desa. Lantaran, dinilai dana yang digelontorkan tidak mampu dikelola dengan baik. Untuk kemajuan dan perkembangan desa,” akunya.

Kepala DPMD, Drs Aris Priadi SH MSi menjelaskan, kalau tahun ini ADD yang dikucurkan Kemendes mengalami peningkatan hingga Rp 2 miliar. Apalagi, sekarang ini dana terkecil yang diterima desa berkisar Rp 800-900 juta.

“Sementara yang terbesar mencapai Rp 1 miliar lebih perdesa. Totalnya, kalau tidak halangan ADD tahun ini mencapai Rp 12 miliar lebih,” kata Aris sapaan akrabnya.

Dia menjelaskan, kalau 12 desa di Bumi Seinggok Sepembuyian ini. Tahun ini, merupakan tahun ketiga menerima dana desa dari Kemendes. Pihaknya, tak henti-hentinya mengingatka desa agar mengelola dana desa dengan baik.

“Supaya kemajuan perkembangan desa sesuai dengan sasaran dan tujuan yang ingin dicapai,” pungkasnya. (06)

News Feed