oleh

Imbau Jangan Percaya Hoax

PRABUMULIH – Polres Prabumulih mengimbau, agar warga jangan percaya apalagi menyebarkan atau membuat berita Hoax. Hal itu terungkap dalam kegiatan sambang desa dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Menang, Bripka Safri di Kecamatan Prabumulih Selatan.

Kapolres Prabumulih AKBP Tito Hutauruk SIk MH melalui Kasat Binmas, Sri Djumiati SH mengatakan, saat ini banyak beredar informasi atau berita tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya atau disebut dengan hoax.

“Pihak Kepolisian khususnya Polres Prabumulih mengajak masyarakat, dewasa dan bijak dalam menerima informasi atau berita beredar, jangan langsung dipercaya apalagi dishare apabila belum diketahui kebenaran informasi atau berita tersebut,” tukasnya, Selasa (24/9).

Ungkapnya, pmbuat dan penyebar berita hoax bisa dikenakan pidana dan jelas melanggar aturan hukum terkait UU ITE dengan ancaman 6 tahun penjara. “Apalagi sudah membuat resah masyarakat dan ini yang harus dicegah, bahkan tidak menutup kemungkinan tren sekarang yang buka medsos biasanya bisa mengetahui mana hoax atau benar,” jelasnya.

Kata dia, ada beberapa situs berita tertentu bisa dipercaya dan ada juga tidak. Ia berharap, masyarakat tidak langsung percaya begitu saja akan isi kebenaran berita itu.

“Hingga akhirnya, terjebak dengan pemberian hoax atau bohong. Akhirnya, berujung pidan,” ujarnya. (03)

Komentar

News Feed