oleh

Idul Adha, Warga Ramai Serbu Rutan. Besuk Warga Binaan, Keamanan Diperketat

PRABUMULIH – Rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB menyediakan tempat keluarga warga binaan, setiap kali lebaran. Termasuk, hari raya idul adha ini. Pantuan koran ini, sekitar 200-an pembesuk memadati tenda disiapkan Rutan Kelas IIB, untuk warga binaan dan keluarganya bersilaturahmi dan bersenda gurau di hari raya kurban tersebut. Kepala Rutan Kelas IIB, Reza Mediansyah Purnama AMd IP SH dikonfirmasi didampingi Kasubsi Peltah, M Yusup menerangkan, mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan selama jam besuk di hari raya kurban. Keamanan di Rutan Kelas IIB diperketat, setidaknya ada empat lapis penjagaan harus dilalui pembesuk.

“Tidak hanya pembesuk diperiksa, tetapi juga barang bawaannya. Sekitar 30 petugas, kita terjunkan untuk mengamankan dan menjaga selama proses jam besuk tersebut. Enam unit tenda, telah tempat besuk keluarga warga binaan,” ujarnya kepada awak media, Minggu (11/8). Selain itu, akunya, pembesuk hanya dibatasi hanya 20 menit saja. Hal ini dilakukan, untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pengunjung di Rutan Kelas IIB setiap hari raya.

“Lewat 20 menit, pembesuk langsung kita ingatkan untuk mengakhir jam besuk. Karena, sangat ramai keluarga binaan membesuk hari (kemarin, red). Jam besuk sendiri dimulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB, jam besuk lebaran hanya berlaku hari ini saja,” tukas Yusup. Selain petugas, untuk pengamanan selama besuk lebaran ini. Akunya, dilibatkan juga tamping sebagai pasukan pengamanan. “Alhamdulillah, proses besuk lebaran relatif berjalan dan aman. Apalagi, pengamanan cukup kita lakukan,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed