oleh

Hitungan Manual 86, Versi BKN 54 Orang

-Metropolis-319 views

HASIL seleksi tes Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah kota (Pemkot) telah dilakukan selama dua hari, 10-11 Nopember lalu di Jakabaring Sport Center (JSC) cukup mengejutkan.
Pasalnya, sebanyak 4.800 tercatat sebagai peserta tes CAT. Dan hadir hanya 2.769 orang mengikuti seleksi tes CAT CPNS tersebut.
Hasil hitungan manual Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM), ternyata hanya 86 peserta dinyatakan lulus Passing Grade. Sedangkan, informasi yang diterima dari Badan Kepegawai Negara (BKN) hanya 54 orang saja.
Pelaksana Tugas (Plt) BKPMSDM, Hery Mirhan menyebutkan, kalau hasil tersebut sifatnya sementara. Sejauh ini, perbedaan hasil tersebut tengah ditelitinya dengan berkordinasi dengan BKN.
“2.031 peserta tes CAT dipastikan gugur, karena absen. Tetapi, hasil hitungan manual kita dari 2.769 orang peserta hadir dan mengikuti tes. Hanya 86 peserta tes CAT asal Prabumulih, lulus Passing Grade. Tetapi, ada perbedaan hasil yang kita terima dari BKN sebanyak 54 orang,” terangnya kepada koran ini ketika dikonfirmasi, koran ini kemarin (13/11).
Nah, jika dilihat dari kouta yang tersedia sebanyak 175 formasi telah disiapkan Pemkot. Artinya, kalau memang benar hasil tersebut. Kouta seleksi CPNS yang dibuka, terancam tidak tercapai.
“Hasil sementaranya demikian, memang kouta tersedia hanya 175 formasi. Sedangkan, jumlah peserta lolos passing grade jauh dibawa formasi tersebut,” akunya.
Kata Hery, sebanyak 86 peserta yang lolos versi BKPMSDM atau 54 versi BKN passing grade telah memenuhi persyaratan yang ditentukan. Kalau nilai nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) ambang batasnya tidak boleh kurang dari 75, lalu Tes Intelegensia Umum (TIU) ambang batas minimalnya 80, dan terakhir Tes Karakteristik Pribadi (TKP) paling kecil 143.
“Ambang batas lolos passing grade tersebut diatur dalam Peraturan Menteri PANRB No. 37/2018 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2018. Meski nilai totalnya 298 atau lebih, tetapi jika nilai per-tes tidak memenuhi atau kurang ketentuan. Dinyatakan, tidak lolos passing grade alias gugur secara otomatis,” bebernya.
Sambungnya, terkait hasil tes CAT tersebut sejauh ini menunggu pengumuman resmi dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) BKN. Ia sendiri, akan terus berkordinasi dengan BKN untuk kepastiannya.
“Hasil tes-nya sudah bisa dilihat langsung, karena sudah kita umumkan di Kantor BKPSDM. Keputusan resmi yang bisa melanjutkan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB), kita masih menunggu pengumuman resmi dari Panselnas BKN,” kata Hery. (03)

News Feed