oleh

Hindari Penyiksaan, Patuhi Aturan Penyembelihan

-Metropolis-81 views

PRABUMULIH – Pada 11 Agustus mendatang ribuan hewan kurban bakal disembelih pada hari raya Idhul Adha atau dikenal hari raya kurban. Nah, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) mengimbau, agar penyembelihan hewan kurban hendaknya memenuhi aturan atau persyaratan. Agar proses penyembelihan halal dan sah, apalagi mengkonsumsinya umat muslim.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag), Drs H Yeri Taswin MPdI mengungkapkan, penyembelih hewan kurban di wajibkan orang islam dan berakal. “Lalu, jangan lupa berniat dan menyebut nama Allah SWT. Agar tidak menyiksa hewan kurban, sembelih dari bawah ke atas dan sampai urat putus,” jelas Yeri dibincangi awak media di ruang kerjanya, Jumat (26/7).

Akunya, penyembelihan hewan kurban harus disegerakan. Sehingga, tidak menimbulkan rasa sakit terhadap hewan kurban disembelih. “Harus menyengerakan rasa sakit hewan kurban, sediakan pisau yang tajam. Selain itu, jika menyembelih hewan kurban lebih dari satu. Sebaiknya, hewan yang belum disembelih harus dijauhkan terlebih dahulu,” terangnya.

Setelah mengucap asma allah, akunya hewan kurban harus dibaringkan dalam posisi nyaman. “Intinya menyembelih hewan kurban jangan menyakiti. Jangan lupa membaca bismillah,” pungkas pria asal Pengandonan, OKU ini.

Ayah tiga anak ini mengingatkan kembali, agar hewan kurban harus cukup umur yaitu minimal 2 tahun. Sehat dan tidak cacat, selanjutnya diwajibkan lanang. “Kalau Kemenag hanya melakukan monitor dari umur dan lanang saja untuk hewan kurban disembelih. Kalau masalah kesehatan dari Dinas Pertanian,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed