oleh

Hasil RT CT Negatif, Kontak Erat Tunggu Hasil Swab

-Metropolis-48 views

PRABUMULIH – Masih ingat, kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Kelurahan Tugu Kecil meninggal dimakamkan tanpa protap Covid-19? Belakangan, dinyatakan terkonfirmasi positif hasil swabnya.

Sejak Rabu lalu (13/5), Pemerintah kota (Pemkot) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) lewat surveillance telah melakukan Contact Tracking (CT) terhadap keluarga pasien dan lainnya.

Informasinya, terdata 23 orang masuk kontak erat dan ringan terkait pasien tersebut. Dan 14 diantaranya sudah dilakukan Rapid Test (RT) dan hasilnya negatif.

“Satu diantaranya, kontak erat telah dilakukan swab dan menunggu hasil. RT tersebut dilakukan dua kali, 10 hari lagi kita lakukan RT lagi,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Happy Tedjo TS MPH, akhir minggu ini.

Pemantauan terhadap Orang Dalam Pengawasan (ODP) terkait terkonfirmasi positif Kelurahan Tugu Kecil, terus dilakukan khususnya lewat Puskesmas Delinom.

“Terus dipantau, untuk memutus mata rantai Covid-19 di sekitar terkonfirmasi positif,” jelasnya.

Tak lupa, ia juga menekankan, agar seluruh CT dengan pasien terkonfirmasi positif, khususnya pasien Tugu Kecil. “Agar mengikuti protokol kesehatan, isolasi selama 2 minggu untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di tengah pandemik,” ucapnya.

Lanjutnya, Pemkot sendiri sangat konsentrasi memutus mata rantai dan menekan laju penyebaran kasus Covid-19 di Kota Nanas ini. Sejauh ini, akunya relatif stagnan.

“Situasi terkini, Gugas Covid-19 di Prabumulih. Adanya sebanyak 184 ODP, 23 proses pemantauan dan 161 selesai. Lalu, 26 PDP terdiri 16 pengawasan, 6 meninggal, dan 4 selesai pengawasan. Terkonfirmasi positif, ada 16 orang. 2 meninggal dan 4 sembuh, 10 masih perawatan medis,” bebernya.

Sekretaris Dinas (Sekdin), drg Sri Widiastuti menambahkan, juga tidak menampik kalau 14 CT terkait terkonfirmasi positif pasien Tugu Kecil.

“Sejauh ini selama dua hari, baru 14 dilakukan RT dan semuanya negatif hasilnya. 10 hari, dilakukan RT lagi yang kedua. Tidak ada penolakan untuk RT dan CT,” sebutnya.

Sebutnya, termasuk pemandi jenazahnya RT negatif. Tetapi, tetap dalam pemantauan khususnya Puskesmas Prabumulih Barat.

“Untuk memutus mata rantai, pengawasan terhadap CT terus kita lakukan secara ketat,” tandasnya. (03)

 

Komentar

News Feed