oleh

Hasil Getah Kian Menyusut

-Ekonomi-272 views

PRABUMULIH – Hingga saat ini keluhan warga terhadap harga karet masih terus terdengar. Keluhan ditambah lagi dengan jumlah tonase hasil sadapan karet makin merosot terus menjadi permasalahan besar bagi warga Kota Prabumulih yang hanya memiliki mata pencarian sebagai petani karet.

Salah satunya seperti dituturkan Yana (45), warga Desa Sungai Medang Kecamatan Prabumulih Barat. wanita ini mengatakan dengan tidak stabilnya haeha karet membuat mereka harus mencari solusi lain untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari lantaran menunggu hasil karet yang terus berkurang.

“Kadang kami upahan gawe serabutan, jual sayuran jadi, jual apo bae yang penting pacak menuhi kebutuhan sebelum jual balam setiap bulan,”katanya.

Hal sama diungkapkan Sebri Hesinto, warga kelurahan Tanjung Raman. pria ini sangat berharap pemerintah dapat berperan untuk memberikan solusi agar harga karet bisa lebih tinggi.

“Kami sangat berharap agar harga karet naik, karena di tambah musim kemarau tonaseny turun. saat ini hasil karet menurun hingga 50 persen,”jelasnya

Saat Dibincangi usai penimbangan karet di Tempat Pengumpulan Karet (TPK) Pung Kelurahan Tanjung Raman, Sebri mengatakan saat normal bisa menghasilkan 3,5 kwital per hektar tapi saat kemarau hanya mendapatkan 1,5 kwintal.

“Harga sudah murah, hasil sudah berkurang sedangkan kebutuhan terus meningkat Semoga kami segera mendapatkan solusi untuk permalasahan ini,”harapnya.

Pria ini juga mengatakan, akhir-akhir ini permasalahan harga karet tidak lagi menjadi perdebatan dimasyarakat, para petani karet sudah dibiasakan dengan keadaan yang harus selalu bersyukur. meski begitu harapan untuk perbaikan harga terus bergejolak.

“Para petani karet tetap berharap dengan harga karet. karna tanaman karet yang tumpang sari tidak akan selamanya. tanaman tumpang sari tidak biaa dilakukan lagi saat karet sudah produktif,”tandasarnya.

Diketahui saat ini harga karet bulanan Rp9ribu sedangkan ikut koperasi di TPK Pung seharga Rp10ribu. (05)

Komentar

News Feed