oleh

Harus Benar-benar Jadi Pecontohan

-Metropolis-14 views

PRABUMULIH – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan karakter sejak dini. Dengan telah dibangunnya PAUD Percontohan Prabumulih Cerdas ini diharapkan bisa memberikan semangat dan motivasi, guna meningkatkan pendidikan karakter sejak dini.

Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, menjadi PAUD Percontohan benar-benar berat. Harus benar-benar dilaksanakan, sebaik-baiknya.

“Kalau benar-benar diterapkan, jelas akan orang segan dalam penerapan PAUD percontohan,” ujar Ridho, sapaan akrabnya di sela-sela Peresmian PAUD Negeri Percontohan Prabumulih Cerdas, Selasa (26/1/2021).

Dengan percontohan, aku suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini, PAUD lain datang dan belajar. “Jadikan PAUD Negeri Percontohan Prabumulih Cerdas ini benar-benar menjadi percontohan,” ungkap ayah tiga anak ini.

Nah, untuk menjadi PAUD Percontohan jelas harus ada Standar Operasional Prosedur (SOP) harus dipenuhi. Kata dia, itu harus menjadi perhatian serius PAUD Negeri Percontohan Prabumulih Cerdas ini.

“Kita minta Bunda PAUD dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), untuk melakukan pengawasan dan juga pembinaan. Sehingga, benar-benar menjadi percontohan,” bebernya.

Kata ayah dr Muwarni Emassrisa Latifah ini, guna mendidik para generasi penerus bangsa hingga menjadi yang terbaik. Pemerintah kota (Pemkot) sendiri, telah memprogramkan sejumlah program.

“Mulai Baca Tulis Alquran (BTA) masuk kurikulum sekolah sejak SD hingga SMP, isbat nikah, khitanan massal, dan lainnya,” beber Adik Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan (Sumsel).

Pria asal Ogan Ilir (OI) ini mengungkapkan, ke depannya pendidikan PAUD ditambahkan pendidikan budi pekerti. “Karena, pendidikan budi perkerti penting bagi generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Ridho, juga menyarankan, agar studi banding tidak perlu jauh-jauh. Cukup datangi rumah orang miskin, untuk memotivasi anak. “Kalau tidak mau hidup susah, yah belajar agar sukses hidupnya. Jadikan, kemiskinan sebagai momok agar anak mau belajar tanpa paksaan dan menjadi kebutuhannya sendiri. Demi meningkatkan kehidupannya sendiri di masa depan,” tukas Orang Nomor Satu di Kota Nanas ini.

Sementara itu, Kadisdikbud, Kusron SPd MSi menerangkan, adanya Unit Gedung Baru (UGB), PAUD Negeri Percontohan ini merupakan peningkatan kompetensi PAUD, perlu dibentuk PAUD Percontohon. “SOP-nya juga, harus benar-benar dilakukan sehingga menjadi PAUD Percontohan,” beber Kusron.

Sambungnya, terwujudnya PAUD Percontohan ini tidak lepas dari kerja sama Disdikbud dengan Kemendik. “Supaya meningkatkan kompetensi lembaga paud, sehingga memenuhi standar PAUD. Bisa menjadi contoh bagi PAUD lain. Dibangun September dimulai, selesai Desember,” terangnya.

Sambungnya, dibangun diatas lahan bantuan Pemkot di Taman Murni, Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB) seluas 3.600 meter persegi.

“Kita namakan PAUD Negeri Percontohan Prabumulih Cerdas, dibawa binaan Bunda PAUD dan TP PKK,” tukasnya.

Harapannya, PAUD Percontohan telah dibangun ini dimanfaatkan dan dipelihara. “Setelah diresmikan, jelas langsung dioperasionalkan,” sebutnya.

Terpisah, Bunda PAUD, Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu mengucapkan, ribuan terima kasih kepada Pemkot dan Disdikbud telah membangun PAUD percontohan

“Adanya, PAUD Percontohan ini bisa memberikan dampak dan semangat kepada PAUD. Apalagi, lokasinya strategis,” ucapnya.

Tak lupa, ia mengajak membina PAUD Percontohan. Sehingga, benar-benar menjadi percontohan di Prabumulih.

“Ayo bina PAUD Percontohan, supaya lebih maju dan berkembang ke depannya,” tutupnya. (03)

Komentar

News Feed