oleh

Harga Tomat Terjun Bebas

-Ekonomi-236 views

PASAR – Musim hujan tak hanya memengaruhi kualitas dan kuantitas sayuran, tapi juga harga. Harga tomat salah satunya yang di musim hujan seperti sekarang ini tengah terjun bebas. Saat ini harga tomat hanya sekitar Rp2 ribu perkilo turun sekitar 40 persen dari harga sebelumnya.

“Aku baru hari ini jual Rp 2 ribu, kemaren masih Rp3 ribu perkilo. Sekarang tomat banjir di pasaran. Musim hujan seperti saat ini membuat jenis sayuran mudah rusak, “ tutur Mardiah (41) salah seorang penjual tomat di Pasar Inpres kemarin (22/2).

Wanita yang juga merupakan penyapu jalan di lingkungan Dinas Kebersihan Kota Prabumulih ini mengatakan, meksi harga murah ia tetap senang jualan. Betapa tidak dengan harga yang dibanderol hanya dua ribu ini membuat pengunjung pasar tumpek blek mencari tomat bagus yang dijualnya.

“Biasonyo satu peti itu bae susah nian abisnyo, tapi hari ini aku hamper ngabiskan tigo peti. Mungkin karnp hargonyo ini murah jadi banyak yang beli,” tutur ibu tidak anak ini seraya mengatakan satu peti memiliki kapasitas rata-rata 50kilo.

Sementara penjual tomat lainnya, Nur (45) mengatakan masih menjual Rp3.000. karna tomat yang dijualnya bersih dan segar. Harga tersbeut terbilang mahal dipasaran , namun ia optimis bisa menjual 5 kg tomat miliknya.

“Kami ngambek dari Bos di dalam pasar inilah, entah darimano dio ngambek. Karno sambutannyo murah jadi kami jual murah jugo,” katanya singkat.
Sementara pantauan Koran ini selain tomat, harga cabe dipasaran juga ikut turun. Meski belum tau penyebabnya setidaknya dipasaran Pabumulih harga cabe rawit sudah dibawha Rp100ribu perkilo. “Cabe rawit lah Rp20 ribu seperembat (kilo), nah cabe merah masih Rp10ribu. Itu sudah turun dari sebelumnyo sampai Rp20ribuan turunnyo. Mudah-mudahan pasar ini rame walaupun harga cabe naik turun. (03)

News Feed