oleh

Harga Ikan Asin Naik

PRABUMULIH – Saat ini harga ikan mulai menunjukkan kenaikan, tak terkecuali ikan asin. Kenaikan harga ikan asin berkisar Rp5 ribuan perkilolnya.

Contohnya ikan tri Sungsang dari sebelumnya seharga Rp60 ribu perkilo sekarang naik menjadi Rp 65 ribu. Ikan asin dukang dari sebelumnya Rp28 ribu sekarang jadi Rp32 ribu, Ikan asin kukus lesi dari Rp30 ribu jadi Rp32 ribu perkilo. Ikan asin sepat dari Rp28 ribu sekarang jadi Rp32 ribu perkilo. Kenaikan harga juga terjadi pada iwak asin pedo siam dari sebelumnya Rp40 ribu jadi Rp45 sama dengan harga ikan kukus medan.

“Rata-rata semua jenis ikan teri dan ikan asin alami kenaikan harga, karena kato agen sekarang ini nelayan susah melaut akibat angin kencang,” kata Nurhayani salah seorang penjual ikan asin di Pasar Tradisional Modern (PTM) I pekan lalu.

Selain naik harga, saat ini pasaran juga terbilang sepi sehingga penjualan terhadap ikan asin agak tersendat. Beruntung beberapa pelanggan dari daerah yang beli dalam jumlah banyak untuk dijual kembali. “Kalo sekarang ini yang beli ikan asin banyak wong tuo, Karno anak mudo zaman now lebih senang makan mie dengan telok daripada makan ikan asin,”celetuknya.

Sementara pantauan koran ini, PTM I memang sering terlihat lengang, karena itu beberapa pedagang yang mendapat kios atau los yang ada di PTM I lebih memilih untuk tidak jualan daripada harus selalu merugi karena jarang terjadi transaksi jual beli.

“Kami masih ngontrol pasar terus, sambil menunggu dipindahkan ke PTM II kami lebih memilih jualan di kalangan. PTM I memang sepi nian, bukan Aku Bae tapi banyak pedagang lebih memilih istirahat daripada harus merugi tiap hari Karno penjualan sepi,” jelas Rahma seraya menjelaskan beberapa pedagang lain di sekitarnya seperti penjual ayam, jual sayur dan penjual pakaian memilih stop hingga dipindahkan ke PTM II mendatang. (05)

News Feed