oleh

Harga Bawang Mulai Naik

-Ekonomi-275 views

PASAR – Setelah sempat mengalami penurunan harga hingga Rp15 ribu perkilo, kini harga bawang merah kembali alami kenaikan. Setidaknya saat ini harga bawang merah sudah menyentuh angka Rp24 ribu perkilo dari sebelumnya Rp15 ribu perkilo. Sementara bawang putih jadi Rp28 ribu dari sebelumnya Rp20ribu.
Kepala Dinas Perdagangan Kota Prabumulih Junaidi SIP melalui Kasih pengendalian harga Pasar, Heny saat dikonfirmasi koran ini mengatakan setiap hari pihaknya mengecek harga barang di Pasar. Perubahan harga bawang merah dan bawang putih sudah terjadi sejak seminggu terakhir.
“Kita setiap hari cek harga di pasar, selain terjun langsung kami juga melakukan koordinasi dengan pihak UPTD Pasar untuk melihat perkembangan harga di pasaran,” jelasnya seraya mengatakan meski begitu pihaknya hanya sekedar mengetahui saja, tidak bisa memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi dipasaran.
Terpisah salah seorang penjual Bawang di Pasar tradisinal Modern (PTM I) Kota Prabumulih, Nurhayani mengatakan hal sama. Ia mengatakan sejak seminggu terakhir harga bawang merah dan putih mulai alami kenaikan harga.
Semenjak mengalami kenaikan harga, malah beberapa jenis barang mengalami kekosongan. Seperti bawang merah itu kualitasnya tidak terlalu baik, sedangkan bawang putih hanya sedikit. “Bawang tidak terlalu bagus, beberapa jenis ikan asin jugo ikut mengalami kenaikan karna cuaca idak menentu jadi nelayan susah cari ikan. Jadi stock kosong cak ikan asin dukang dan ikan asin pari,” tambahnya.
Menurutnya, saat ini kondisi pasar juga sangat sepi pengunjung yang masih disebabkan oleh rendahnya harga karet ditingkat petani. “Makmano nak jualan rame, kalo barang baanyak kosong dan harga tinggi. Pengunjung pasar jugo sepi, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini ado perbaikan untuk pengunjung pasar rame,” harap ibu tiga anak ini. (05)

News Feed