oleh

Hamidah jadi Istri Kades Inovatif

-Kecamatan-18 views

Atas Inovasi Membuat Olahan Minuman Nacare

PRABUMULIH – Hamidah istri Kepala Desa Sinar Rambang Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), berhasil menjadi pemenang 1 dalam dalam ajang penganugerahan inovator Sumatera Selatan tahun 2020 kategori Istri kades inovatif.

Dalam penganugerahan Senin malam (7/12/2020), di Palembang itu. Hamidah menerima hadiah dari Gubernur Sumsel H Herman Deru melalui Balitbang Kota Prabumulih.

Hamidah dinobatkan sebagai istri kades inovatif, atas inovasinya yang sebagai Ketua TP PKK Sinar Rambang bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Jambat Sungai dalam mengolah buah nanas menjadi minuman sehat hingga bisa dijual. “Idenya saat pertama suami jabat kades, saat itu buah nanas  melimpah, dikarenakan  murah dan sulitnya pemasaran buah nanas pada saat panen. Sehingga pada tahun 2017 Perangkat Desa dan TP PKK Desa Sinar Rambang yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Jambat Sungai mempunyai ide untuk mengolah buah nanas tersebut menjadi prodak yang layak konsumsi dan mempunyai nilai jual yang cukup untuk membantu  meningkatkan penghasilan dan pendapatan keluarga,” kata Hamidah.

Ia menuturkan, hal itu juga tak lepas dari binaan TP PKK Kota Prabumulih dan Penyuluh Pertanian Desa Sinar Rambang membuat terobosan-terobosan baru dalam femanfaatan hasil pertanian yang cukup melimpah di Desa. “Jadi ketika itu kami dapat bantuan nanas, dan hasilnya melimpah sampai sekarang,” ungkap Hamidah yang juga mengatakan mendapat bimbingan dari Balitbang.

Dikatakan istri Indarqo ini, minuman khas nanas yang kini jadi unggulan Kota Prabumulih iu diberi nama Nacare. Yakni gabungan dari Nanas Campur Serai, yang diolah menjadi minuman sehat kaya manfaat. “Dulunya hanya sajian, untuk para tamu saat ada kegiatan di desa ataupun dikota Prabu mulih. Kini sudah dijual dalam bentuk kemasan dan sudah banyak di pesan dan dibeli oleh masyarakat dari luar kota prabumulih seperti pali dan Muara Enim,” imbuhnya menerangkan Nacare mulai di perkenalkan ke publik ketika Desa Sinar Rambang Mengikuti Lomba Hatinya PKK mewakili Kota Prabumulih ditingkat Propinsi Sumatera Selatan.

Sejak kemunculan Nacare, tahun 2019 Balitbang Kota Prabumulih  melakukan pengujian. Dan Nacare dimasukkan dalam salah satu inovasi bidang pangan di Kota Prabumulih. “Yang alhamdulillah . saat ini Produk olahan nacare dalam proses pendaftaran PIRT pada Dinas Kesehatan Kota Prabumulih,” tutur perempuan kelahiran 9 April 1989 ini.

Lebih jauh, ibu tiga putri ini mengutarakan, selain nacare. Desa Sinar Rambang juga telah membuat olahan makanan yang juga berbahan nanas. “Seperti wajik nanas, kue sunami (susu, nanas, mie) serta juga telah melestarikan makanan nenek moyang asli Prabumulih tahok tutok,” tukasnya.

Sementara itu diketahui, selain Hamidah. Sejumlah tokoh di Kota Prabumulih juga mendapat pengaugerahan sebagai inovator Sumatera Selatan tahun 2020.(08)

 

Komentar

News Feed