oleh

Halaman Masjid Ditanami Toga

PRABUMULIH – Lahan kecil di Halaman Masjid Ar Rahman komplek kantor Pemerintah kota (Pemkot), kini tampilan sedikit berbeda.

Kalau sebelumnya hanya ditanami rumput belaka, kini ditanami berbagai tanaman obat (toga). Informasi dihimpun koran ini, ada sekitar 75 tanaman toga ada di Halaman Masjid Ar Rahman tersebut.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Happy Tedjo TS MPH melalui Sekretaris Dinas (Sekdin), dr Hj Hesti Widyaningsih MKes MARS.

“Kalau penanaman dilakukan Dinas Pertanian. Setidaknya, sekitar 75 toga ditanam di lokasi tersebut. Kita hanya membelinya saja,” ujar Hesti kepada awak media, Senin (23/9).

Demikian juga, perawatan toga juga dilakukan Dinas Pertanian. Toga ditanam meliputi; jahe, serai, cabejawa, pandan, dan lainnya.

“Konsep Pak Wako, tidak hanya membuat indah halaman Masjid. Tetapi, memberikan manfaat tanaman ditanam,” terang perempuan cantik berjilbab ini.

Lanjutnya, toga ini sendiri sangat bermanfaat bagi masyarakat. Khususnya, bagi pengobatan non medis. “Sekarang ini, Pak Wako juga sangat konsen mengembangkan pengobatan medis dan non medis. Salah satunya menggunakan penanaman toga ini. Toga di halaman Pemkot ini, hanya percontohan saja. Ke depan, bisa dikembangkan lagi,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian, Drs Syamsurizal SP Msi menerangkan, ada 50 jenis tanaman toga sengaja ditanam di halaman Masjid Pemkot.

“Memang leading sektornya Dinkes, kita hanya membantu dan memberikan support saja. Melakukan penanaman dan perawatan toga,” terangnya.

Ungkap Syamsurizal, taman toga di lokasi tersebut hanya sebagai percontohan saja. Harapannya, ke depan perkantoran halamannya dimanfaatkan menanam toga.

“Sekaligus memasyarakatkan toga, agar ditanam di setiap rumah,” akunya.

Apalagi, bebernya tanaman toga ini sangat bermanfaat bagi pengobatan keluarga khususnya pengobatan herbal. “Karena, tidak bagus kalau ketergantungan dengan obat medis atau kimia,” pungkasnya. (03)

Komentar

News Feed