oleh

Haji Batal, 257 CJH Berangkat 2021

-Metropolis-43 views

PRABUMULIH – Keputusan Kementerian Agama (Kemenag) terkait pembatalan pelaksanaan ibadah haji di tanah suci tahun ini, membuat 257 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Prabumulih gagal berangkat tahun ini.

Informasinya, keberangkatan jemaah melaksanakan rukun Islam kelima pada tahun depan atau 2021 mendatang.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag), Drs Yeri Taswin MPdI mengatakan, pihaknya sudah menerima surat edaran terkait pembatalan keberangkatan haji tahun ini.

“Seluruh keberangkatan haji tahun ini dibatalkan, dan ditunda pada 2021 sesuai dengan aturan dan ketentuan Kemenag Pusat,” ujar Yeri dikonfirmasi, Selasa (2/6).

Yeri menjelaskan, dengan segala pertimbangan utamanya Istitoah beribadah haji baik itu kesehatan keamanan. Maka,  Menteri Agama (Menag) memutuskan pembatalan.

“Termasuk 257 CJH asal Prabumulih diberangkatkan pada 2021 mendatang,” jelasnya.

Disinggung soal BPIH yang telah disetorkan, menurut Yeri akan dikelola Kemenag dan hasil manfaatnya nanti akan diserahkan sepenuhnya kepada CJH bersangkutan.

“Diawal ada 226 CJH telah menyetorkan BPIH. Lalu, ada 51 CJH cadangan. Belakangan, hanya 30 orang yang menyetor dan melunasi BPIH,” tambahnya.

Sambungnya, bagi CJH yang ingin membatalkan untuk berangkat haji, maka dapat mengajukan pengembalian BPIH-nya. “Kalau ingin pembatalan keberangkatan haji, tinggal mengajukan saja,” pungkasnya. (03)

 

Komentar

News Feed