oleh

Hadapi Persaingan Kerja, Prabumulih Siapkan Skill

PRABUMULIH – Menghadapi persaingan dunia kerja,  makin ketat dan berat sekarang ini. Prabumulih terus mempersiapkan pelatihan berbasis kompetensi, dilakukan Pemerintah kota (Pemkot) melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker).

Walikota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, hal ini merupakan permasalahan utama mengatasi pengangguran di Kota Nanas ini.

“Banyak lulusan, peluang kerja minim. Agar siap bersaing, kita siapkan skillnya. Lewat pelatihan berbasis kompetensi, rutin kita laksanakan melalui Disnaker,” ujar Ridho, sapaan akrabnya usai pembukaan pelatihan kerja berbasis kompetensi digelar UPTD BLK, Kamis (10/6/2021).

Kata ayah tiga anak ini, kalau tidak punya skill, gimana mau bersaing. Dan, jelas pekerjaan di dapat pekerjaan non skill.

“Bukan zamannya lagi, tidak punya skill. Selain mendorong pelatihan berbasis kompetensi, tahun ini insya allah segera dibangun UPTP BLK berlokasi di Komplek SMKN 2 Kelurahan Tanjung Raman, Kecamatan Prabumulih Selatan,” jelas suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini.

Ungkap Ridho, mengapa dirinya ngotot dirikan UPTD BLK agar masyarakat Prabumulih banyak dilatih.

“Ubah pola berpikir, jangan hanya kerja di Prabumulih. Tetapi, bisa ke luar Provinsi bahkan hingga bisa kerja keluar negeri,” terang Politisi Golkar.

Terpisah, Kadisnaker, Ir Bambang Sukaton menerangkan, tahun ini ada 6 jurusan pelatiham berbasis kompetensi digelar.

Gelombang 1, jurusan tata rias. Kata dia, sudah selesai. Sedangksn, gelombang 2 ada 5 jurusan. Meliputi; Teknik Las 1G SMAW, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Kendaraan Bermotor, Administrasi Perkantoran, dan Menjahit. “Kegiatan ini, dalam rangka tenaga kerja siap kerja dan mandiri. Guna mengatasi angka pengangguran di Kota Nanas ini,” bebernya.

Lanjutnya, penyelenggaraan kegiatan ini berdasarkan dari dana APBN. Pelaksanaannya, 150 jam hingga 350 jam dilaksanakan UPTD BLK. “Sudah berjalan tiga Minggu dengan peserta 16 orang perjurusan, ikuti pelatihan ini dengan baik. Agar bermanfaat dan berguna,” bebernya. (03)

Komentar

News Feed